Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Ekonomi & Bisnis > Setelah Minyak Goreng, Kini Harga Sabun Ikut Naik

Setelah Minyak Goreng, Kini Harga Sabun Ikut Naik

Ekonomi & Bisnis
Oleh : Daniswara Kanaka

BAGIKAN :
Setelah Minyak Goreng, Kini Harga Sabun Ikut Naik

KABARINDO, JAKARTA - Sempat dihebohkan dengan harga minyak goreng yang mengalami kenaikan hingga memunculkan kebijakan pemerintah untuk mengendalikannya, kini harga sabun mulai merangkak naik di sejumlah pasar, seperti yang terjadi di Pasar Modern Emerald Bintaro.

Penjaga toko sabun di Pasar Modern Emerald Bintaro, Isan mengatakan kenaikan harga sabun ini memang terjadi dari pemasok. Kenaikan tertinggi harga sabun terjadi pada harga sabun mandi. Harga sabun dengan isi 450 ml, harganya naik sekitar 20 persen dari harga Rp25 ribu menjadi Rp30 ribu per botolnya.

“Januari semua. Naiknya berbarengan. Rata-rata semua sabun naik harganya, paling yang tidak naik tuh softener dan pewangi saha,” jelas Isan, Jumat (4/2).

“Naiknya rata-rata Rp1.000-Rp2.000 untuk sabun. Misalnya sabun cuci piring, tadinya Rp14 ribu sekarang Rp15 ribu, sabun mandi naik juga, dari Rp25 ribu sekarang Rp30 ribu,” sebut Isan.

Tak hanya sabun mandi, sabun cuci piring extra naik dari Rp15 ribu menjadi Rp17 ribu, Super Pel meningkat dari Rp12 ribu menjadi Rp13 ribu, shampoo dengan conditioner naik dari Rp38 ribu menjadi Rp40 ribu, dan shampoo tanpa conditioner naik dari Rp18 ribu menjadi Rp19 ribu.

Bahan non-sabun lainnya seperti produk penghilang noda, pelicin, dan parfum laundry hingga saat ini harganya masih terpantau stabil.

Namun, kenaikan sabun ini tidak terjadi di Toko Prima, yang berlokasi sama di Pasar Modern Emerald Bintaro Jaya. Pedagang yang tak mau disebut namanya ini mengaku barang jualannya masih memiliki harga standar yang sama dari awal tahun.

“Harganya masih sama. Enggak ada yang naik sih, masih segitu-gitu aja,” sebutnya.

Ia pun terheran mendengar informasi dari pendatang jika harga sabun mengalami kenaikan.

“Yang naik minyak goreng kan? Sabun enggak ada yang naik,” ujarnya.

Hal serupa disampaikan oleh Mega yang merupakan pedagang sabun di Pasar Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat. Mega mengatakan hingga kini ia menjual harga sabun dan deterjen dengan harga yang masih stabil dari agennya.

“Udah lama sih. Harganya masih itu-itu aja buat sabun mandi. Masih Rp3.500 sampai Rp4.000 per batang,” ujar Mega, Kamis (3/2).

Mega mengatakan untuk sementara ini kenaikan hanya dialami oleh minyak goreng. Untuk sabun harganya masih stabil. Namun, ia mengaku sudah mendengar bahwa harga sabun mengalami kenaikan sebagai imbas dari kenaikan harga sawit.

“Tapi, masih biasa harganya, belum ada yang naik. Minyak lagi naik, tapi sabun enggak sih,” ungkap Mega.

Sumber: CNNIndonesia.com

Foto: Freepik user3802032


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER