Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Internasional > Serangan Hiu Fatal Tutup Pantai-Pantai di Sydney

Serangan Hiu Fatal Tutup Pantai-Pantai di Sydney

Internasional | Kamis, 17 Februari 2022 | 13:22 WIB
Editor : Hauri Yan

BAGIKAN :
Serangan Hiu Fatal Tutup Pantai-Pantai di Sydney

KABARINDO, SYDNEY – Pantai-pantai di Sydney, Australia, yang membentang sepanjang sekitar 25 kilometer dari Bondi di timur kota ke Cronulla di bagian selatan, ditutup mulai Kamis (17/2) setelah serangan mematikan seekor hiu yang pertama dalam 59 tahun.

Pihak berwenang mengatakan seorang korban laki-laki dianiaya hingga tewas oleh seekor hiu putih di lepas pantai Little Bay di Sydney timur pada hari Rabu (16/2) .

Para pejabat belum mengidentifikasi pria itu, namun menurut saksi mata, korban sedang berenang mengenakan pakaian selam di perairan berombak saat itu.

Kronologis Kejadian

"Seseorang sedang berenang dan seekor hiu datang dan menyerangnya secara vertikal," kata saksi Kris Linto kepada media lokal Nine.

"Kami mendengar teriakan dan berbalik sepertinya ada mobil yang mendarat di air, percikan besar kemudian hiu itu mengunyah tubuh dan ada darah di mana-mana," tambahnya.

Saksi lain yang sedang memancing di bebatuan di dekat lokasi kejadian mengatakan kepada ABC, "Ketika dia (korban) turun, ada begitu banyak percikan."

Saksi lain memperkirakan hiu itu berukuran 4,5 meter.

Serangan Hiu Fatal Tutup Pantai-Pantai di Sydney(Foto: Lokasi penyerangan hiu, Little Bay, Australia -BBC)

Layanan darurat dipanggil sekitar pukul 16.35 waktu setempat ke Buchan Point, Malabar, di timur Sydney, kata polisi NSW.

"Petugas yang tergabung dalam Komando Wilayah Polisi Pantai Timur, dengan bantuan dari Komando Wilayah Laut dan Surf Life Saving NSW, segera datang dan menemukan jenazah manusia di dalam air," katanya.

Seorang juru bicara Ambulans NSW mengatakan paramedis juga dipanggil ke Little Bay, "sayangnya pasien ini menderita luka parah dan tidak ada yang bisa dilakukan paramedis."

Tindakan Preventif Ketat

Serangan hiu di Sydney jarang terjadi karena kota ini telah lama memiliki jaring dan penghalang lainnya di perairannya.

Pemerintah negara bagian New South Wales telah menghabiskan jutaan dolar untuk teknologi dalam upaya mengurangi serangan hiu di sepanjang pantainya di tengah kekhawatiran publik, menyebarkan jaring di 51 pantai, serta drone dan stasiun pendengaran hiu yang dapat melacak hiu putih melalui satelit dan mengirim peringatan ketika seekor hiu terlihat.

Namun, hiu putih itu lolos dari semua teknologi preventif itu, dan melancarkan serangan hiu fatal pertama di Sydney sejak 1963.

***(Sumber dan foto: Reuters dan BBC)


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER