Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Olahraga > Sean dan WRT 31 Lanjutkan Persiapan di Le Mans, Balapan Dilepas Zinedine Zidane

Sean dan WRT 31 Lanjutkan Persiapan di Le Mans, Balapan Dilepas Zinedine Zidane

Olahraga | Rabu, 12 Juni 2024 | 18:32 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Sean dan WRT 31 Lanjutkan Persiapan di Le Mans, Balapan Dilepas Zinedine Zidane

KABARINDO, MONACO - Tiga dari balapan bergengsi di dunia digelar akhir pekan ini di Le Mans, Prancis. Bersama Indy 500 dan GP F1 Monako, 24 Hours of Le Mans adalah satu ajang yang sangat diinginkan semua pebalap untuk terlibat di dalamnya.

Tahun ini, 24H of Le Mans adalah sebagai putaran keempat FIA WEC dan dilaksanakan pada 15-16 Juni 2024 di Circuit de la Sharte. Ada beberapa informasi menarik terkait balapan yang diikuti oleh Sean Gelael bersama dua rekan setimnya, Augusto Farfus (Brasil) dan Darren Leung (Inggris) di Team WRT 31 di kelas LMGT3.

Sean dan WRT 31 Lanjutkan Persiapan di Le Mans, Balapan Dilepas Zinedine Zidane

Zinedine Zidane, siapa tak kenal legenda sepak bola Prancis ini. Dia akan menjadi starter alias pengibar bendera start pada 15 Juni. Zidane akan melanjutkan tradisi olahragawan non-motorsport yang mendapat kehormatan tersebut, di antaranya Fernando Alonso (F1) dan Rafael Nadal (Tenis). 

Kelas LMP2 kembali berlaga khusus di Le Mans, setelah “dicoret” di FIA WEC. Status kelas menengah ini sebagai undangan dan tahun ini diikuti 16 mobil.

Sean dan WRT 31 Lanjutkan Persiapan di Le Mans, Balapan Dilepas Zinedine Zidane

Safety Car (SC) akan ada 3 buah, yakni SC A, SC B, dan SC C. Menurut regulasi FIA bila sirkuit memiliki panjang lebih dari 7 km maka boleh memiliki lebih dari satu SC. Circuit de la Sharte sendiri membentang sepanjang 13,6 km. SC A stand by di pos marshal/MP 35 (dekat Tikungan 31), SC B di MP 27 (dekat Tikungan 23), dan SC C di MP 13 (setelah Tikungan 11).

Regulasi khusus di Le Mans adalah keberadaan Slow Zone (SZ). Akan ada 9 SZ, di mana bila regulasi itu diberlakukan akibat sebuah insiden berarti pebalap mesti mengurangi kecepatan hingga hanya 80 km/jam di SZ dimaksud dan boleh membalap normal di bagian lain sirkuit.

Hyperpole di 24H of Le Mans hanya diikuti oleh delapan pebalap, bukan 10 seperti di putaran-putaran lain FIA WEC. Driving Time (waktu membalap) minimal untuk pebalap berkategori Silver dan Bronze di kelas LMGT3 adalah enam jam.

Terakhir tentu saja soal poin. Karena berdurasi panjang, poin yang dibagikan untuk 10 mobil terbaik di kelas Hypercar dan LMGT3 adalah dua kali lipat dari putaran berdurasi enam jam, yakni masing-masing 50, 36, 30, 24, 20, 16, 12, 8, 4, dan 2 untuk posisi finis 1 s.d. 10. Pole position dari Hyperpole meraih 1 poin tambahan.

Untuk balapannya sendiri, para pebalap Team WRT yang merupakan Global Partner dari Pertamax Turbo, punya pandangan khusus dan semangat berlipat menyusul hasil memuaskan dalam Test Day hari Minggu lalu.

“Le Mans selalu jadi balapan spesial. Sejarah dan penonton di sini selalu memberikan semangat berlipat. Terima kasih untuk penonton yang sudah datang bahkan sejak sesi scrutineering pekan lalu,” ujar Sean.

Farfus menimpali bahwa dia ingin sekali mengulangi sejarah manis BMW 25 tahun lalu ketika menang di Le Mans. “Kali ini kami punya mobil bagus, BMW M4 GT3. Pernah menang di WEC dan GT World Challenge. Saya sudah hampir 20 tahun bersama BMW dan merasakan bahwa kali ini kami siap,” kata pebalap berusia 40 tahun itu.

Rangkaian latihan menuju pekan lomba dimulai Rabu (12/6) ini di mana dua sesi Free Practice akan diapit oleh babak Qualifying. Kamis berlanjut dengan sesi Hyperpole dan FP3 dan FP4. Jumat libur dan istirihat dari aktivitas di trek, hanya diisi oleh parade pebalap di tengah kota. Sabtu hingga Minggu adalah momen utama: race 24 jam.

Race 24 Hours of Le Mans akan disiarkan langsung di channel youtube KUY Entertainment dan www.sean-gelael.com pada hari Sabtu (15/6) dengan start pukul 21.00 WIB. Livestreaming ini merupakan persembahan dari Pertamax Turbo sebagai Global Partner Team WRT, juga KFC, Bank Mandiri, Telkomsel, dan MIND ID. Foto: Ist


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER