Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hukum & Politik > Rektor UIN Minta Pelaku Perusakan Sesajen di Gunung Semeru Dimaafkan

Rektor UIN Minta Pelaku Perusakan Sesajen di Gunung Semeru Dimaafkan

Hukum & Politik | Sabtu, 15 Januari 2022 | 19:21 WIB
Editor : Budiman

BAGIKAN :
Rektor UIN Minta Pelaku Perusakan Sesajen di Gunung Semeru Dimaafkan

KABARINDO, SLEMAN - Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof Dr Phil Al Makin, meminta masyarakat untuk memaafkan pelaku perusakan sesajen di kawasan bencana erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur.

"Saya Rektor UIN meminta warga Indonesia, pemerintah terutama Kabupaten Lumajang, tolong semuanya memaafkan saudara Hadfana Firdaus. Ini yang harus kita pegang pertama kali," kata Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Prof Dr Phil Al Makin ditemui di UIN, Jumat (14/1/2022).

Al Makin mengatakan bahwa mungkin pelaku khilaf sehingga melakukan hal seperti itu. Mengingat bangsa Indonesia berasal dari berbagai macam kepercayaan, ia meminta untuk memaafkan pelaku.

"Maka kewajiban kita adalah memaafkan kepada saudara yang kebetulan mungkin khilaf mungkin keliru, menendang sesajen. Jika kita ingin memberi contoh yang baik yang pertama kita akan memberi contoh harus kita lapangkan dada kita, jika harus memberi tahu kita harus memberitahu dengan cara yang baik," ucapnya.

Tak hanya berpesan kepada masyarakat, Al Makin juga meminta pihak kepolisian untuk memaafkan pelaku yang diketahui bernama Hadfana Firdaus itu.

"Maka saya menyerukan kepada pihak yang berwajib baik kepada pemerintah dan kepolisian atau pihak-pihak yang berkait dengan hukum, tolong dimaafkan. Karena ini sangat penting bagi bangsa Indonesia dan bangsa Indonesia itu adalah bangsa yang sangat pemaaf," ucapnya.

"Jangankan cuma itu saja, banyak sekali yang melanggar aturan yang lebih berat dan jelas-jelas bertentangan dengan hukum dan merugikan negara itu saja dimaafkan, mari kita maafkan atas nama toleransi, keragaman, kebinekaan," imbuhnya.

Viral Video Perusakan Sesajen

Seperti diketahui sebelumnya, viral sebuah video yang menunjukkan seorang pria merusak sesajen makanan di lokasi bencana erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur.

Video itu diunggah oleh akun Twitter @setiawan3833 pada Sabtu (8/1/2022).

“Ini yang membuat murka Allah, jarang sekali disadari bahwa inilah yang mengundang murka Allah hingga menurunkan adzabnya,” kata lelaki dalam video tersebut.

Merespons hal tersebut pihak kepolisian telah menangkap pelaku penendangan sesajen di wilayah bencana erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur.

Pelaku yang diketahui bermana Hadfana Firdaus itu ditangkap oleh jajaran Ditreskrim Polda Jawa Timur di Bantul, DIY.

"Alhamdulillah berhasil diamankan," kata Kapolres Lumajang AKBP Yekti Hananto Seno, Jumat (14/1/2022).

"Dari Ditreskrim yang berhasil mengamankan, di-back up penuh kita sama Polda Jatim," ujar Yekti.

Atas penangkapan tersebut, Polda Jatim mengimbau agar masyarakat bisa menghargai kepercayaan dan tradisi satu sama lain. 

Sumber Berita: Detikcom

Foto: Istimewa


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER