Rekor Tak Terkalahkan Pecah, Gli Azzuri Kalah dari Spanyol 2-1 di Semifinal UEFA Nations League 2021

Rekor Tak Terkalahkan Pecah, Gli Azzuri Kalah dari Spanyol 2-1 di Semifinal UEFA Nations League 2021

KABARINDO.com :  Sirna juga akhirnya rekor tidak terkalahlkan tim nasional(Timnas)  sepakbola Italia. Semalam Kamis (7/10/2021) dini hari WIB. di Stadion San Siro Milan, tim tamu Timnas Spanyol berhasil menang lawan Italia  dengan skor 1-2 dan lolos ke final UEFA Nations League 2021.

Timnas Spanyol mencetak gol lewat brace Ferran Torres (17', 45+2') dan menang melawan tuan rumah yang bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-42 usai Leonardo Bonucci mendapatkan kartu merah. Italia mencetak gol lewat Lorenzo Pellegrini (83').

Hasil ini membawa La Furia Roja lolos ke partai puncak, menanti pemenang laga Belgia vs Prancis. Sedangkan Gli Azzurri harus rela bermain di perebutan tempat ketiga.

Hasil laga ini juga menghentikan rekor rentetan 37 laga tak terkalahkan timnas Italia yang mereka catat sejak Oktober 2018, menjadi rekor rentetan tak terkalahkan beruntun terpanjang di sepak bola internasional.

Pada laga ini, pelatih timnas Spanyol, Luis Enrique, menurunkan pemain debutan, Gavi, sebagai starter di lini tengah. Ia adalah pemain Barcelona berusia 17 tahun dan 62 hari, menjadikannya pemain termuda sepanjang sejarah Tim Matador!

Italia menurunkan sembilan dari 11 pemain yang juga jadi starter pada laga semifinal Piala Eropa 2020 lawan Spanyol. Alessandro Bastoni masuk menggantikan Chiellini yang dicadangkan, dan Federico Bernardeschi masuk menggantikan Ciro Immobile yang cedera.

Meski bermain di kandang Italia, Spanyol unggul lebih dulu pada menit ke-17. Umpan silang Mikel Oyarzabal dari sisi kiri berhasil dimanfaatkan Ferran Torres di depan gawang, 1-0.

Kapten timnas Italia, Leonardo Bonucci, mendapat kartu kuning kedua alias kartu merah pada menit ke-42 karena wasit menilai ia menyikut Sergio Busquets. Gli Azzurri harus bermain dengan 10 orang.

Pada perpanjangan waktu babak pertama, Spanyol menambah keunggulan menjadi 2-0 lagi-lagi lewat Ferran Torres memanfaatkan umpan Oyarzabal. Ferran Torres sudah mencetak 11 gol dalam 20 penampilan bersama Spanyol sejak September 2020, dua kali lebih banyak dari pemain lain dalam waktu yang sama (Alvaro Morata, 5 gol).

Pada babak kedua Italia kemudian justru berhasil mencetak gol. Berawal dari situasi sepak pojok Spanyol, Gli Azzurri melakukan serangan balik cepat via Federico Chiesa, yang kemudian memberikan umpan manis untuk Lorenzo Pellegrini pada menit ke-83. Sayang bagi Italia, mereka tak bisa menemukan gol penyeimbang hingga akhir laga. Spanyol keluar sebagai pemenang dan lolos ke final. Foto : (Twitter/@SeFutbol)