Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > PVMBG : Gunung Ile Lewotolok Kembali Erupsi

PVMBG : Gunung Ile Lewotolok Kembali Erupsi

Berita Utama | Sabtu, 12 Februari 2022 | 13:37 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
PVMBG : Gunung Ile Lewotolok Kembali Erupsi

KABARINDO, JAKARTA - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan Gunung Ile Lewotolok kembali erupsi, Sabtu,(12/2/2022), pukul 06:16 WITA. Dilaporkan kolom abu teramati ± 600 meter di atas puncak.

“Terjadi erupsi G. Ile Lewotolok dengan tinggi kolom abu teramati ± 600 m di atas puncak (± 2023 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tipis hingga sedang ke arah barat. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 26 mm dan durasi 39 detik,” dari keterangan PVMBG yang diterima, Sabtu (12/2/2022).

PVMBG melaporkan saat ini Gunung Ile Lewotolok dalam tingkat aktivitas level III (Siaga). Oleh karena itu, masyarakat di sekitar Gunung Ile Lewotolok maupun pengunjung/pendaki/wisatawan direkomendasikan agar tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak/kawah Gunung Ile Lewotolok.

 “Masyarakat Desa Jontona agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya longsoran material lapuk yang dapat disertai oleh awan panas dari bagian tenggara puncak/kawah Gunung Ile Lewotolok,” kata PVMBG.

Mengingat, kata PVMBG, potensi bahaya abu vulkanik yang dapat mengakibatkan gangguan pernapasan (ISPA) maupun gangguan kesehatan lainnya maka masyarakat yang berada disekitar Gunung Ile Lewotolok agar menyiapkan masker penutup hidung dan mulut maupun perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit.

PVMBG mengatakan abu vulkanik hingga saat ini jatuh di beberapa sektor di sekeliling Gunung Ile Lewotolok maka masyarakat yang bermukim di sekitar aliran sungai-sungai yang berhulu di puncak G. Ile Lewotolok agar mewaspadai ancaman lahar terutama disaat musim hujan. Foto : PVMBG




RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER