Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Hukum & Politik > Punya Latar Belakang Arsitek, Ridwan Kamil Dinilai Cocok Pimpin IKN

Punya Latar Belakang Arsitek, Ridwan Kamil Dinilai Cocok Pimpin IKN

Hukum & Politik
Oleh : amritawa

BAGIKAN :
Punya Latar Belakang Arsitek, Ridwan Kamil Dinilai Cocok Pimpin IKN

KABARINDO, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dianggap memenuhi syarat untuk jadi kepala ibu kota negara (IKN) baru Indonesia yang terletak di Kalimantan Timur.

Pendapat tersebut disampaikan oleh Ketua Majelis Kode Etik Ikatan Ahli Perencanaan Kota Indonesia, Bernardus Djonoputro, pada Minggu (23/1/2022).

"Saya kira pak Ridwan Kamil cocok sekali karena beliau banyak kerja secara praktik arsitek dan perencanaan, baik sebelum jadi gubernur maupun wali kota," ujarnya.

Lebih lanjut, Bernardus Djonoputro meyakini sosok yang dicari Presiedn Joko Widodo untuk memimpin IKN bukan hanya birokrat yang memiliki kemampuan arsitek semata.

Menurut Bernardus Djonoputro, setidaknya ada tiga aspek lain yang harus dipenuhi sehingga layak memimpin Nusantara (nama IKN baru Indonesia).

Pertama, sosok itu harus berpengalaman dan mampu menerjemahkan perencanaan makro ke dalam desain mikro. Kedua, dia juga harus punya jaringan global.

Ketiga seorang Kepala  IKN juga harus mampu mengurai masalah sosial politik warga yang kompleks. Bernardus Djonoputro pun menilai Ridwam Kamil punya ketiga aspek itu.

Punya Latar Belakang Arsitek, Ridwan Kamil Dinilai Cocok Pimpin IKN

Masih menurut Bernardus Djonoputro, sinyal Presiden yang ingin Nusantara dikepalai sosok pemimpin daerah berlatar belakang arsitek sudah tepat.

Latar belakang arsitek diperlukan agar mengerti urusan perencanaan kota hingga pembangunan gedung baru beserta fasilitas pendukung lainnya di IKN.

"Itu semua urusan perencanaan kota. Jadi dari sisi keahlian yang dibutuhkan adalah sosok yang paham urban designing dan arsitektur," ujarnya.

Sumber Berita: Antara
Foto: Antara


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER