Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > Prokes Jangan Kendor, Omicron 1,5 Kali Lebih Menular

Prokes Jangan Kendor, Omicron 1,5 Kali Lebih Menular

Berita Utama | Rabu, 2 Februari 2022 | 20:09 WIB
Editor : Sebastian Renaldi

BAGIKAN :
Prokes Jangan Kendor, Omicron 1,5 Kali Lebih Menular

KABARINDO, JAKARTA- Statens Serum Institut melakukan riset Virus COVID-19 varian Omicron BA.2 lebih menular daripada BA.1. Mereka juga yang melakukan pengawasan penyakit menular dan ancaman biologis untuk pemerintah Denmark.  "Beberapa negara, termasuk Denmark, telah mengamati dua subvarian Omicron: BA.1 dan BA.2. Di Denmark, BA.2 dengan cepat menggantikan yang pertama sebagai subvarian dominan," tulis studi tersebut dikutip dari Times of India.  Saat ini varian Omicron dari virus Corona merupakan varian penyebab infeksi yang dominan. Laporan munculnya strain virulen lain dari varian superspreader ini telah membangkitkan minat baru di antara orang-orang.


Menurut pakar WHO subvarian Omicron sudah menjadi dominan di Filipina, Nepal, Qatar, India dan Denmark. Subvarian telah terdeteksi di 57 negara. Bentuk BA.2 yang muncul dari varian coronavirus Omicron tampaknya tidak lebih parah daripada bentuk BA.1 asli, kata seorang pejabat Organisasi Kesehatan Dunia, Dr. Boris Pavlin, pada hari Selasa, sesuai laporan yang dibawa oleh Reuters.
Dalam briefing online, Dr. Boris Pavlin dari Tim Respons COVID-19 WHO mengatakan bahwa vaksin juga terus memberikan perlindungan serupa terhadap berbagai bentuk Omicron. Studi penelitian juga berbicara tentang efek positif dari vaksinasi. 

"Risiko terinfeksi (kerentanan) lebih tinggi pada orang yang tidak divaksinasi dibandingkan dengan anggota rumah tangga yang divaksinasi dan divaksinasi booster di rumah tangga yang terinfeksi BA.2 dan BA.1, menggarisbawahi efek positif dari vaksinasi terhadap kedua varian Omicron," kata studi tersebut. Dengan laporan baru yang muncul tentang subvarian baru, informasi sedang dicari apakah varian ini berbahaya dan harus menjadi perhatian atau tidak. Berdasarkan data dari Denmark, Dr Pavlin mengatakan bahwa tampaknya tidak ada perbedaan tingkat keparahan penyakit. Pernyataan ahli WHO menyatakan bahwa subvarian tidak mungkin menyebabkan penyakit parah pada infeksi. “Meskipun BA.2 memiliki potensi untuk menggantikan BA.1 secara global. Kami tidak melihat lonjakan rawat inap yang lebih tinggi dari yang diharapkan.”

Studi ini memperkirakan dinamika transmisi BA.1 dan BA.2 di lebih dari 8.000 rumah tangga antara akhir Desember 2021 dan awal Januari 2022. "Vaksinasi sangat melindungi terhadap penyakit parah, termasuk untuk Omicron. BA.2 dengan cepat menggantikan BA.1. Dampaknya tidak mungkin besar, meskipun lebih banyak data diperlukan," kata pakar WHO.

Sumber; Viva.co.id

Foto: Shutterstock/angellodeco


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER