Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Berita Utama > PROF JJ

PROF JJ

Berita Utama
Oleh : Tomi Lebang

BAGIKAN :
PROF JJ

Amsterdam, musim dingin 2018. Satu delegasi ilmuwan Indonesia diundang oleh KNAW, Akademi Ilmu Pengetahuan Belanda, dan de Jonge Akademie, Akademi Ilmuwan Muda Belanda, untuk bertemu di satu gedung di jantung kota tua ini. KNAW adalah lembaga prestisius di Belanda, bahkan di dunia. Sejumlah anggota KNAW bahkan telah memenangkan Hadiah Nobel.

Pertemuan delegasi ilmuwan Indonesia yang berasal dari universitas dan Lembaga riset teratas Indonesia itu berlangsung lancar dan ajeg. Suasananya akrab, pembicaraan berlangsung setara, penuh humor, diselingi canda tawa para ilmuwan. 

Siapa yang memimpin delegasi Indonesia itu? Dia adalah lelaki di samping saya ini. Namanya Profesor Jamaluddin Jompa, ilmuwan muda dari Universitas Hasanuddin, Makassar. 

PROF JJ

Saya bertemu dengannya secara kebetulan di sebuah warung kopi sederhana di kota Makassar tahun lalu. Kami berkenalan. Seusai obrolan singkat tentang aneka topik, saya pulang dengan pikiran dan sebuah harapan: pria inilah yang layak memimpin Unhas, almamater saya, yang kini mematok target menuju universitas level dunia. 

Dan harapan saya ternyata benar. Hari ini, Prof JJ terpilih sebagai Rektor Unhas untuk periode lima tahun ke depan. Ia akan mulai bertugas pada 1 April mendatang.

Saya mengikuti dengan cermat pemilihan Rektor Universitas Hasanuddin ini melalui tayangan langsung. Saya antusias, karena ini almamater saya. Pemilihan itu sendiri dihadiri para bintang yang menjadi anggota Majelis Wali Amanah, pemilik suara. Di antaranya, ada Ketua IKA Unhas, Jusuf Kalla, Ketua MWA Unhas Komjen Purnawirawan Syafruddin, Chairul Tanjung, Sofyan Wanandi, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Saya sungguh-sungguh bergembira atas terpilihnya Prof JJ ini. Saya tak akrab benar dengannya, tapi namanya kerap melintas sebagai salah satu ilmuwan terbaik negeri ini dari Makassar. 

Prof JJ menyelesaikan Pendidikan master di Kanada dan doctor di Australia. Ia juga penerima Pew Fellowship dari Amerika Serikat. Ia telah menorehkan namanya melalui publikasi akademik yang begitu banyak di jurnal-jurnal ternama, bergaul luas di kalangan ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu terutama di ALMI (Akademi Ilmuwan Muda Indonesia), AIPI, Indonesian-American KAVLI Frontiers of Sciences Symposuim, sampai lembaga-lembaga seperti KNAW dan Akademi Ilmu Pengatahuan Australia sampai Royal Academy di Inggris.

Di Indonesia, Prof. JJ terpilih sebagai anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) pada tahun 2020. Ia menjadi orang kedua dari Unhas yang menjadi anggota lembaga akademik itu setelah Profesor Irawan Yusuf. AIPI adalah lembaga negara yang didirikan atas inisiatif para tokoh seperti B.J Habibie, Widjoyo Nitisastro, Fuad Hasan, Samaun Samadikun dan lain-lain. 

Di Unhas sendiri Prof JJ pernah menjadi dekan ilmu kelautan dan sebelum menjadi rektor adalah dekan fakultas pasca sarjana.

Begitulah. Saya mengingat kembali pertemuan dengan Prof JJ di sebuah warung kopi sederhana di Kawasan Tamalanrea, makassar itu hari ini, seusai menonton tayangan langsung pemilihan Rektor Unhas di Makassar. Sebuah pertemuan kebetulan yang singkat tapi membuat saya pulang dengan sebuah harapan. 

Tak banyak yang saya tahu tentang pribadi Prof JJ, selain cerita-cerita yang saya kumpulkan dari kawan-kawan lain, juga dari menyelisiki kelimunan dunia maya yang menyimpan begitu banyak memori. 

Selamat Profesor Jamaluddin Jompa. Rektor Universitas Hasanuddin 2022-2027.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER