Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > Polri Luncurkan Buku Panduan Mudik Aman dan Sehat

Polri Luncurkan Buku Panduan Mudik Aman dan Sehat

Berita Utama | Jumat, 29 April 2022 | 06:37 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Polri Luncurkan Buku Panduan Mudik Aman dan Sehat

KABARINDO, JAKARTA - Polri meluncurkan buku putih berisi panduan lengkap bagi pemudik agar terciptanya perjalanan mudik aman dan sehat.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjelaskan, buku putih itu bisa menjadi pegangan atau panduan para pemudik karena berisi beberapa ketentuan, informasi, fasilitas, serta sarana dan prasarana yang dibutuhkan masyarakat saat melakukan mudik ataupun balik.

Di antaranya syarat mudik, penerapan ETLE di jalan Tol, rencana pelaksanaan rekayasa lalu lintas mudik dan arus balik hingga lokasi rest area di Tol Trans Jawa dan Tol Trans Sumatera.

“Dalam buku putih tersebut juga dipaparkan detail lokasi pengisian BBM mobile di jalur tol, titik pos pengamanan, pos pelayanan publik, daftar nomor penting sampai lokasi rumah rumah sakit terdekat dan juga tips bagaimana mengatasi kantuk saat perjalanan mudik. Ada juga tarif tol di Trans Jawa dan Trans Sumatera," kata Sigit dalam keterangan tertulis, Jakarta, Kamis (28/4/2022).

Sigit menekankan, syarat mudik yang perlu diketahui oleh masyarakat ialah bagi yang telah mendapat vaksin lanjutan dosis ketiga atau booster tidak wajib menunjukan hasil rapid test ataupun PCR.

Untuk rekayasa lalu lintas dalam hal ini diberlakukannya ganjil genap yang dimulai pada tanggal 28 April 2022 pukul 17.00 hingga Minggu 1 Mei 2022. Dimulai dari Tol Cikampek KM 47 hingga GT Kalikangkung KM 414. Berlakunya one way ini juga bersamaan dengan diberlakukannya kebijakan ganjil genap.

Rekayasa lalin arus balik ini akan dimulai pada Jumat 6 Mei 2022 hingga Minggu 8 Mei 2022 dimulai dari GT Kalikangkung KM 414 hingga tol Cikampek KM 47, yang nantinya diteruskan dengan contra flow. Sementara pada Minggu 8 Mei one way akan sampai di GT Halim Perdanakusumah KM 3.500.

Sementara bagi masyarakat yang baru divaksin dosis kedua maka wajib menunjukkan hasil rapid test antigen negatif yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1x24 jam, sementara hasil negatif PCR 3x24 jam sebelum waktu perjalanan.

Sigit menjelaskan terdapat panduan bagi masyarakat untuk mempersiapkan kendaraannya. Dalam buku saku itu diulas detail apa yang harus dilakukan para pemudik dalam mengecek kendaraan mulai dari memperhatikan tekanan ban, lampu rem, oli mesin, saringan udara hingga air radiator dan wiper kendaraan.

Terkait penerapan ETLE di jalur tol oleh Jasa Marga, Kapolri membeberkan bakal diterapkan di sejumlah titik. Untuk di Tol Trans Jawa ETLE berlaku di jalan tol Jakarta-Cikampek, Tol MBZ, Palikanci, Semarang A B C, Semarang-Batang, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Surabaya-Mojokerto, Surabaya-Gempol dan Pandaan-Malang.

Sementara pada tol Jabodetabek penerapan ETLE dilakukan di tol Dalam Kota, Sedyatmo, Jakarta-Tangerang, JORR Seksi E, Cipularang, Padaleunyi dan Kunciran-Cengkareng.

“Untuk berlakunya one way, dan perpanjangan waktunya bersifat situasional atau diskresi kepolisian,” tutur mantan Kapolda Banten ini.

Buku putih panduan ini juga menjelaskan detail jarak rumah sakit terdekat jika ditempuh dari Gerbang Tol. Dalam rangka memastikan masyarakat melakukan perjalanan mudik aman dan sehat, 1.020 pos didirikan yang terdiri dari 726 pos pengamanan, 243 pos pelayanan dan 51 pos terpadu.

Sigit mengatakan, pos pelayanan yang didirikan itu meliputi pelayanan kesehatan, vaksinasi, pelayanan protokol kesehatan hingga memberikan informasi mudik dan lainnya.

Dalam buku ini juga dijabarkan jelas lokasi-lokasi rest area yang tersebar di Tol Trans Jawa dan Tol Trans Sumatera dari mulai tipe rest area hingga kapasitasnya. "Selamat mudik, semoga selamat sampai tujuan,” tutup Sigit.  Foto : Dok. Polri


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER