Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Gaya hidup > Pilih Foundation dan Aplikasi yang Tepat untuk Hasil Make-Up yang Cantik

Pilih Foundation dan Aplikasi yang Tepat untuk Hasil Make-Up yang Cantik

Gaya hidup | Minggu, 6 Agustus 2023 | 22:07 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Pilih Foundation dan Aplikasi yang Tepat untuk Hasil Make-Up yang Cantik

Pilih Foundation dan Aplikasi yang Tepat untuk Hasil Make-Up yang Cantik

MUA Marlene Hariman berikan tips

Surabaya, Kabarindo- Penggunaan foundation yang tepat menjadi salah satu tahapan penting untuk hasil make-up yang on point seharian, Sesuai dengan namanya, foundation adalah pondasi atau proses awal yang digunakan pada riasan wajah.

Sebagai dasar make-up, fungsi foundation membuat wajah tampak lebih mulus, cerah, meratakan warna kulit, hingga menciptakan kesan flawless. Karena itu, penting untuk memilih formula yang tepat, menentukan warna hingga teknik dalam mengaplikasikannya. Hal ini akan mempengaruhi hasil akhir riasan.

Monica Vionna, Head of Marketing Growth Shopee Indonesia, mengatakan dengan kemajuan teknologi, kini banyak brand dan pelaku usaha lokal yang berinovasi dan menghadirkan ragam pilihan produk make-up dengan kualitas yang bersaing. Salah satunya produk foundation yang semakin berkembang dengan pilihan jenis formula hingga warna yang beragam.

Menurut MUA Marlene Hariman, mencapai tampilan make-up yang on point memerlukan keterampilan foundation. Ia berbagi tips memilih foundation yang tepat hingga teknik-teknik khusus.

Ia mengatakan, kebanyakan orang salah memilih warna foundation, karena tidak tahu warna dasar kulit mereka sendiri. Karena itu, penting memilih foundation yang pas dan sesuai Pertama, cocokkan warna dan formula foundation pada kulit wajah, bukan di tangan. Undertone yang beda ini berpengaruh besar terhadap hasil make-up. Jika salah, make-up akan terlihat belang, pecah, tampak seperti topeng, bahkan bisa mengakibatkan wajah menjadi berjerawat dan muka menjadi gelap, karena proses oksidasi.

“Hasil make-up yang sempurna juga tercipta dari bagaimana kemahiran kita dalam berdandan mulai dari teknik layering, mixing formula, kreativitas, hingga cara pengaplikasiannya agar blendable, tidak cakey, longlasting dan memberikan efek kulit yang matte atau dewy sesuai ekspektasi finishing yang diinginkan,” ujarnya.

Untuk hasil dewy skin look anti dempul

Salah satu hasil foundation yang memiliki efek glowing dan kerap diminati yaitu dewy finish, karena hasil akhirnya membuat kulit terlihat lebih lembab dan sehat bercahaya. Ini juga bagus diaplikasikan untuk para wanita berkulit kering. Sebelum menggunakan foundation, persiapkan kulit yang lembab. Lalu gunakan moisturizer yang banyak ditambah hydrating primer yang bertekstur basah. Bisa juga mengombinasikan foundation dengan face oil kesayangan, cukup campurkan 1-2 tetes dan ratakan. Lalu dapat dilanjutkan dengan pemakaian foundation dengan sponge secara tipis-tipis, namun kunci terakhirnya jangan terlalu di-cover dengan bedak yang berlebihan,

Untuk hasil akhir full-coverage bebas kilap

Jika menginginkan hasil make-up yang lebih natural namun tetap full coverage di akhir, rahasianya adalah dengan memilih foundation yang berjenis cream/cake dengan kandungan oil free. Foundation jenis ini bisa menyamarkan tampilan pori di wajah, sehingga kulit terlihat halus dan bebas kilap. Teknik pengaplikasiannya pun cukup mudah. Diawali dengan menggunakan color corrector atau concealer pada bagian-bagian yang tidak merata seperti dark circle, jerawat dan area kemerahan. Setelah itu, gunakan stippling brush atau kuas make-up yang memiliki helai lebih tipis di bagian ujungnya. Caranya dengan gerakan tap-tap foundation secara tipis ke seluruh wajah, kemudian diulang hingga tingkat coverage yang diinginkan.

Agar make-up tidak crack/caky dan tahan lama

Mengaplikasikan foundation agar tahan lama dan anti crack/chucky merupakan tantangan tersendiri. Area seperti hidung dan smiling line, serta bawah mata menjadi area krusial yang crack pada pertengahan hari. Ini karena kurangnya pemahaman dan pengaplikasian produk yang kurang tepat. Salah satu faktor yang menyebabkan foundation kurang menempel di kulit adalah tidak adanya hidrasi yang baik sebelum mengenakan produk make-up.

Apapun hasil akhir make-up yang diinginkan, jangan lupa untuk selalu menggunakan pelembab lebih dulu dan gunakan primer pada area-area rentan tersebut. Penggunaan pelembab dan primer yang tepat sebelum make-up, berfungsi untuk mencegah terjadinya oksidasi atau penggelapan foundation di kulit. Terakhir, gunakan bedak tabur dengan tidak berlebihan dan spray yang sesuai dengan kondisi kulit.

“Apapun tampilan akhir yang ingin didapatkan, yang terpenting adalah bagaimana mengombinasikan setiap produk make-up dengan tepat agar tampilan complexion terjaga seharian,” ujarnya.


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER