TWSLive : Bocoran RTP Live Slot Gacor Tertinggi Hari Ini
Beranda > Gaya hidup > Perwatusi Bersama Dinas Kesehatan dan TP PKK Provinsi Jatim Canangkan Gerakan Jawa Timur Melawan Osteoporosis

Perwatusi Bersama Dinas Kesehatan dan TP PKK Provinsi Jatim Canangkan Gerakan Jawa Timur Melawan Osteoporosis

Gaya hidup
Oleh : Orie Buchori

BAGIKAN :
Perwatusi Bersama Dinas Kesehatan dan TP PKK Provinsi Jatim Canangkan Gerakan Jawa Timur Melawan Osteoporosis

KABARINDO, JAWA TIMUR - Pemprov Jatim, melalui Dinas Kesehatan sendiri menyambut baik adanya pencanangan gerakan melawan osteoporosis tersebut. Sebab, masih banyak masyarakat yang menganggap jika osteoporosis hanya terjadi di saat usia lanjut (lansia). Padahal, generasi muda sebenarnya juga harus sudah mulai memiliki kesadaran terkait osteoporosis ini.

“Ini diharapkan kepada generasi yang lebih muda, sudah mulai punya kesadaran hal ini,” ujar Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, Rabu (5/10/2022).

Orang nomor dua di Pemprov Jatim itu pun berbagi tips bagaimana cara agar tulang tetap sehat. Menurutnya, gizi yang baik menjadi kunci utama untuk menjaga agar tulang tetap sehat. Selain itu, bisa juga dengan senam seperti yang dicanangkan oleh Perwatusi.

“(Tips memiliki tulang sehat) gizi bagus dan jangan mager, dan jadi kaum rebahan,” katanya.

Emil melanjutkan, bahwa kebutuhan lansia harus mendapatkan perhatian. Lansia dituntut untuk tetap aktif dan produktif. Sehingga, mereka harus terwadahi lewat berbagai program pemerintah.

“Termasuk apa yang kita lakukan hari ini, bagaimana kesehatan yang sifatnya preventif, bukan hanya kuratif,” ujarnya.

Ketua Umum Perwatusi Anita A. Hutagalung menyampaikan, Gerakan Jawa Timur Melawan Osteoporosis merupakan program berkelanjutan, dan akan terus digaungkan ke seluruh pelosok kabupaten/kota di Jatim.

Perwatusi Bersama Dinas Kesehatan dan TP PKK Provinsi Jatim Canangkan Gerakan Jawa Timur Melawan Osteoporosis

Menurutnya, pencanangan yang dilakukan ini menjadi titik awal baru bagi langkah pencegahan osteoporosis di Jatim, dan akan terus di gaungkan melalui pelatihan-pelatihan dan sertifikasi bagi pelatih-pelatih senam agar memiliki standard baku di seluruh Indonesia.

“Untuk tahun ini kita menggaungkan di 6 provinsi. Salah satunya Jawa Timur. Memang perlu kita ketahui bahwa penyakit osteoporosis ini bukan menjadi prioritas, tapi harus kita waspadai, harus kita tingkatkan awareness masyarakat,” jelas Anita.

“Kita punya senam osteoporosis. Senam ini bagus untuk menambahkan kepadatan tulang. Misal ada yang terkena osteoporosis, paling tidak jangan sampai patah tulang itu. Atau memperlambat jangan sampai muda sudah osteoporosis. Nah, itu sebenarnya kiat-kiat kami bersama Dinas Kesehatan, PKK terutama. Karena PKK jangkauannya ke pelosok-pelosok,” imbuhnya.

Ketua Umum Perwatusi juga   Menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang sudah bersama Perwatusi dalam Program ini baik Pemerintah Propinsi Jawa Timur melalui Dinas kesehatan Propinsi Jawa tengah, TP PKK Propinsi Jawa Timur pihak Swasta yaitu PT Kalbe Nutritionals melalu produk Susu Entrasol , Bayer dengan produk CDR, Mayora dengan  Le Minerale juga laboratorium Pintar.  

Nani Lukita sebagai ketua DPD Perwatusi Jawa Timur juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang sudah mewujudkan acara ini sehingga Perwatusi Jawa Timur dapat segera memulai tugasnya dengan lebih terarah dan memiliki semangat baru untuk mendampingi masyarakat Jawa Timur menjaga   kesehatan tulang  masyarakat seluruh Jawa Timur ini yang ditandai  dengan akan dilantiknya kepengurusan Dewan Pengurus daerah Perwatusi Jawa Timur hari ini.

Dokter Adeline Devita dari PT Sanghiang Perkasa (Kalbe Nutritionals) dan Boy Sinaga, Business Unit Coordinator Entrasol Kalbe Nutritionals mengatakan bahwa pihaknya sangat berkontribusi dalam pencegahan osteoporosis, salah satunya dengan mengeluarkan Entrasol Gold, susu bernutrisi tinggi kalsium dengan ekstrak buah zaitun yang baik untuk menjaga kekuatan tulang dan kesehatan jantung.

"Entrasol berkomitmen untuk memberikan nutrisi kesehatan tulang yang tepat setiap hari, salah satunya dengan turut mendukung Gerakan Jawa Tengah melawan osteoporosis bersama Perwatusi yang dilaksanakan pada hari ini," kata dokter Adeline Devita.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER