Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Ekonomi & Bisnis > Pertagas dan Petronas Teken HoA Penyaluran 50 MMSCFD Gas Bumi untuk Kilang LPG Gresik

Pertagas dan Petronas Teken HoA Penyaluran 50 MMSCFD Gas Bumi untuk Kilang LPG Gresik

Ekonomi & Bisnis | Jumat, 2 Desember 2022 | 09:26 WIB
Oleh : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Pertagas dan Petronas Teken HoA Penyaluran 50 MMSCFD Gas Bumi untuk Kilang LPG Gresik

Pertagas dan Petronas Teken HoA Penyaluran 50 MMSCFD Gas Bumi untuk Kilang LPG Gresik

Surabaya, Kabarindo- PT Pertamina Gas (Pertagas) sebagai bagian dari Subholding Gas Pertamina terus berupaya mendukung ketahanan energi di Indonesia. Salah satu upaya merealisasikan komitmen tersebut, Pertagas bekerja sama dengan Petronas Carigali Ketapang II Ltd. (PC Ketapang II Ltd.) dalam bentuk penyaluran gas untuk Kilang LPG Gresik.

Kolaborasi Pertagas dan Petronas dilakukan melalui penandatanganan Head of Agreement (HoA) Jual Beli Gas dari Lapangan Bukit Panjang di wilayah kerja Ketapang dalam acara The 3rd International Convention on Indonesian Upstream Oil & Gas 2022 (IOG 2022) di Nusa Dua Convention Center Bali, baru-baru ini.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama Pertagas, Gamal Imam Santoso, dan President Director PC Ketapang II Ltd., Yuzaini Md Yusof. Pertagas menyambut baik kolaborasi dengan Petronas yang akan membantu jaminan produksi LPG domestik.

"Kebutuhan LPG domestik sangat tinggi. Pasokan dari lapangan gas domestik yang memiliki potensi propane dan butane yang ekonomis akan mendorong produksi LPG domestik dan membantu pemerintah mengurangi subsidi LPG impor,” ujar Gamal pada Kamis (1/12/2022)

Melalui kerja sama ini, Pertagas akan menyalurkan gas dari Lapangan Bukit Panjang WK Ketapang milik Petronas untuk memenuhi kebutuhan gas di LPG Plant Gresik. Gas akan disalurkan melalui pipa transmisi Gresik - Semarang. Penyaluran rencananya dimulai pada 2026 dengan volume sebesar 40-50 MMSCFD. Gas tersebut kemudian akan diolah di LPG Plant Gresik yang hasil produksinya akan disalurkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen industri di wilayah Jateng dan Jattim.

Gamal berharap kerja sama ini dapat terus terjalin karena pasokan gas dari Lapangan Bukit Panjang sangat potensial untuk memenuhi supply & demand konsumen industri di wilayah Jateng dan Jatim.

President Director PC Ketapang II Ltd., Yuzaini, juga mengapresiasi kerja sama tersebut. “Kami mempercayakan pembangunan infrastruktur dari Lapangan Bukit Panjang kepada Pertagas, mengingat Pertagas merupakan salah satu perusahaan yang andal dan terpercaya dalam pembangunan dan pengoperasian infrastruktur gas di Indonesia,” ujarnya.

Perjanjian ini menjadi wujud nyata sinergi dan kolaborasi antara Pertagas bersama mitra strategis dalam mendukung pemerataan energi nasional. Kerja sama ini diharapkan bisa berkelanjutan dan mendukung program pemerintah yaitu Net Zero Emission (NZE), dimana pemanfaatan gas bumi merupakan salah satu solusi tepat untuk menurunkan emisi karbon.


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER