Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Gaya hidup > Pameran I-SAM ke-13, DR. Dr. Teguh Tanuwidjaja Perkenal 12 Presidency I-SAM Internasional

Pameran I-SAM ke-13, DR. Dr. Teguh Tanuwidjaja Perkenal 12 Presidency I-SAM Internasional

Gaya hidup | Jumat, 2 Desember 2022 | 17:41 WIB
Oleh : Orie Buchori

BAGIKAN :
Pameran I-SAM ke-13, DR. Dr. Teguh Tanuwidjaja  Perkenal 12 Presidency I-SAM Internasional

KABARINDO, TANGERANG - Salah satu event kedokteran  estetika yang paling dinantikan International Society of Aesthetic Medicine (I-SWAM) kembali digelar di ICE BSD Tangerang setelah vakum karena Pandemi. 

Ajang I-SWAM ini ke-13 berlangsung pada  2-4 Desember 2022, kembali memperkenalkan tren, teknik, dan produk terbaru di bidang kedokteran estetika & anti-penuaan dengan dukungan banyak pakar, pembicara ternama, industri farmasi, dan perusahaan cosmeceutical.  

Seperti diungkapkan DR.Dr. Teguh, I-SAM adalah sebuah perhimpunan yang dibentuk dengan  tujuan untuk mengembangkan tehnologi berbasis kepada penelitian di bidang Aesthetic Anti Aging untuk dedikasi kepada peningkatan pelayanan kesehatan di bidang esthetik dan anti aging medicine kepada seluruh umat manusia. 

"Organisasi ini lahir dari sebuah ide untuk mengembangkan ilmu  pengetahuan dan ketrampilan medis di bidang estetika, yang akhirnya mendorong para dokter seminat di bidang ini berkumpul untuk mengembangkan pengetahuan, teknologi dan keahlian dalam bidang  estetika," paparnya.

Pameran I-SAM ke-13, DR. Dr. Teguh Tanuwidjaja  Perkenal 12 Presidency I-SAM Internasional Pameran I-SAM ke-13, DR. Dr. Teguh Tanuwidjaja  Perkenal 12 Presidency I-SAM Internasional

Pada awalnya organisasi ini berdiri dengan nama ADESTI (Asosiasi Dokter Estetika Indonesia) 
pada tahun 2006 di Surabaya. Seiring dengan dinamika organisasi dan kebutuhan anggotanya maka  ADESTI akhirnya berubah nama menjadi PERDESTI (Perhimpunan Dokter Estetika Indonesia) hingga saat ini.

Pada kesempatan event tahun ini,  Jumat (2/12/2022), Presiden I-SWAM, DR. Dr. Teguh Tanuwidjaja memperkenalkan 12 aliansi ISAM Internasional   dari 12 negara yang dilanjutkan penandatanganan Article of Association ISAM.

Pameran I-SAM ke-13, DR. Dr. Teguh Tanuwidjaja  Perkenal 12 Presidency I-SAM Internasional

PERDESTI atau dalam istilah lain disebut sebagai I-SAM (Indonesian Society of Aesthetic Medicine) terus  mengembangkan diri bekerja sama dengan berbagai pihak, salah satunya adalah Ikatan Dokter  Indonesia (IDI) sebagai Organisasi Profesi Dokter yang diakui di Indonesia. 

Serta bekerja sama dengan  Universitas Udayana Bali berupa Program Magister Anti Aging (S2) dan berhasil melahirkan ratusan  lulusan dokter bergelar M.Biomed AAM. 

Bersama Universitas Udayana Bali juga terbentuk program  Pendidikan Kedokteran Berkelanjutan PIAAM (Pendidikan Intensif Anti Aging Medicine) yang telah  berhasil meningkatkan kemampuan para dokter untuk berpraktek dibidang estetika dengan makin  professional  Kerja sama tersebut tidak berhenti di sini, namun dengan semangat yang tinggi, para pengurus I-SAM terus mengembangkan kerjasama dengan Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjadi) di  Cimahi Bandung untuk membuka Program Magister Anti Aging juga, sehingga makin terbuka lebar  kesempatan para dokter yang berminat di bidang estetika untuk meningkatkan kemampuannya.
 
I-SAM memahami bahwa ada 3 kebutuhan dasar bagi dokter yang berpraktek di bidang 
estetika yaitu : 

1. Kebutuhan akan Pelatihan Terstruktur yang diakui oleh negara 

2. Kebutuhan akan Penguatan Kompetensi 

3. Kebutuhan akan Perlindungan Hukum dalam menjalankan profesinya  Kebutuhan akan Pelatihan Terstruktur diwujudkan dengan membangun kerjasama dengan Universitas 
sebagai lembaga pendidikan resmi yang diakui oleh negara dengan membantuk ISAM AESTHETIC  INSTITUTE. 

Melalui sarana ini diharapkan semua lulusannya akan memproleh standar kemampuan yang 
baik dan setara. Program ini segera berjalan mulai tahun 2023. 

Kebutuhan akan Penguatan Kompetensi, I-SAM akan bekerja sama dengan Kolegium Dokter 
Indonesia (KDI) dan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) untuk mendapatkan Penguatan Kompetensi di  bidang yang dikerjakan oleh para dokter praktek estetika  Kebutuhan akan Perlindungan Hukum, diwujudkan oleh ISAM dengan membentuk PERDESTI  LAW FIRM. 

Badan ini akan dipimpin oleh para Dokter praktek Estetik yang memiliki gelar Sarjana Hukum 
dan Master Hukum di bidang Kesehatan, bekerja sama dengan PERDAHUKKI (Perhimpunan Dokter Ahli  Hukum Kedokteran dan Kesehatan Indonesia) agar dapat merumuskan langkah langkah perlindungan  hukum yang efektif bagi para anggotanya. 

I-SAM juga menyelenggarakan beberapa Pertemuan Ilmiah mulai dari tingkat Regional, 
Nasional dan Internasional yang diberi nama SWAM (Seminar and Workshop in Aesthetic Medicine)  yang telah berjalan sejak dari tahun 2006 hingga hari ini dengan nama WeSWAM (Jawa Barat), CeSWAM  (Jawa Tengah), EaSWAM (Jawa Timur), BaliSWAM (Bali), JakSWAM (Jakarta) dan BatamSWAM (Kepulauan Riau) dan puncak dari semuanya ada di Iswam (Internasional Seminar and Workshop in  Aesthetic Medicine) yang tahun ini sudah menginjak even ke 13 diselenggarakan di ICE BSD Tangerang 1- 4 Desember 2022.

I-SWAM kali ini dihadiri 2000 pengunjung dengan menampilkan lebih dari 100 booth  pameran bahan perawatan dan alat estetika dari dalam dan luar negeri.  Scientific Event SWAM ini bertujuan untuk : 

* Memberikan update terbaru perkembangan ilmu estetika yang sangat cepat dinamikanya.

 *  Menjadi sarana belajar bersama untuk saling berbagi pengetahuan antar dokter baik di dalam
negeri maupun dengan para kolega dari luar negeri.

* Membuat networking antara sejawat estetik didalam negeri dan luar negeri.

* Mempertemukan para penyedia alat dan bahan perawatan estetika baik dari dalam maupun 
luar negeri untuk mempresentasikan metode terbaru perawatan estetika melalui event Estetic 
Exhibition.

Tidak berhenti disitu, I-SAM terus berupaya membangun networking dengan membangun  aliansi di 12 negara di seluruh dunia sebagai aliansi scientific dari para Dokter Aesthetic-Anti Aging. Saat  ini I-SAM telah mengembangkan jaringan di Malaysia, Singapura, Philipina. Korea Selatan,  Taiwan, Italia, Perancis, Jerman, Spanyol, Brazil dan Equador yang saat ini disepakati dipimpin oleh  Indonesia. 

Dan semua aliansi I-SAM ini sepakat untuk mengembangkan SWAM di negara meraka masing  masing dan di tahun 2023 disepakati untuk diadakan SWAM di negara Thailand dan Korea Selatan.

Hal ini membuat SWAM menjadi scientific event karya anak bangsa Indonesia yang berkembang menjadi  event terbesar di Asia Pasific dan terbesar ketiga di dunia. 

Pameran I-SAM ke-13, DR. Dr. Teguh Tanuwidjaja  Perkenal 12 Presidency I-SAM Internasional

Pada hari ini Jumat 2 Desember 2022  diselenggarakan Penandatanganan ARTICLE OF  ASSOCIATION I-SAM yang dihadir 10 perwakilan dari 12 negara aliansi ISAM Internasional diantaranya : 

1. DR. Dr. Teguh Widjaja, President ISAM of Indonesia

2. Hendry Hartono, ISAM of Indonesia, 

3. Dr. Carlos Lopez Sanchez President ISAM of SPAIN 

4.  Dr. Rosalba Russo President ISAM of ITALY 

5. Dr. Matt Stefanelli President ISAM of FRANCE 

6. Dr. Jusueth Moran President ISAM of ECUADOR 
7. Dr. Kim Young Kwon President ISAM of SOUTH KOREA 

8. Dr. Felix Li President ISAM of SINGAPORE

 9. Dr. Patrick Huang President ISAM of TAIWAN 

10. Dr. Ungku Shahrin President ISAM of MALAYSIA.

Penandatangan ini adalah untuk meresmikan pembentukan Aliansi I-SAM di negara masing masing. 

Acara ISWAM kali ini dimeriahkan dengan Pagelaran Inagurasi ISAM Internasional pada hari sabtu, 3  Desember 2022, mendeklarasikan berdirinya Presidency ISAM Internasional, sebuah acara  entertainment yang menampilkan Wonderland Indonesia dan penmpilan artis papan atas Anang,  Ashanti, Once Mekel, serta Putri Nusantara dan Miss Global Indonesi. Foto: Orie Buchori/Kabarindo.com


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER