Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > Muhammadiyah Minta Kaji Ulang Wacana Menteri Agama Soal Catatan Pernikahan Semua Agama di KUA

Muhammadiyah Minta Kaji Ulang Wacana Menteri Agama Soal Catatan Pernikahan Semua Agama di KUA

Berita Utama | Senin, 26 Februari 2024 | 15:53 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Muhammadiyah Minta Kaji Ulang Wacana Menteri Agama  Soal Catatan Pernikahan Semua Agama di KUA

KABARINDO, JAKARTA - Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti merespons rencana Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang menjadikan Kantor Urusan Agama (KUA) untuk semua agama.

Menurutnya hal tersebut perlu dikaji dengan seksama. Terutama dengan melakukan komik dengan berbagai pihak seperti organisasi agama hingga kementerian terkait.

"Rencana Kemenag menjadikan KUA sebagai tempat pencatatan pernikahan dan perceraian perlu dikaji dengan seksama. Kemenag sebaiknya melakukan hearing dengan mengundang berbagai pihak, khususnya stake holder utama yaitu organisasi-organisasi agama dan kementerian terkait," kata Abdul dalam keterangannya, Senin (26/2/2024).

Abdul mengatakan perlunya kajian mendalam terkait kesiapan dan dampak yang ditimbulkan jika KUA menjadi tempat pernikahan bagi semua agama.

"Perlu dilakukan kajian komprehensif terkait dengan kesiapan dan dampak yang ditimbulkan, mempertimbangkan dengan seksama, manfaat dan madlaratnya," kata dia.

Lebih lanjut dia menyebut gagasan integrasi pencatatan pernikahan dan perceraian memang sangat diperlukan. Terlebih dalam penertiban pernikahan yang tidak tercatat dalam administrasi seperti nikah Sirri dan pernikahan lainnya.

"Misalnya pernikahan di bawah tangan (sirri) dan "pernikahan agama". Dikotomi antara pernikahan "agama" dan negara tidak seharusnya dibiarkan terus terjadi. Selain menimbulkan masalah sosial, pernikahan agama juga menimbulkan masalah dikotomi hukum agama dan negara,"tuturnya.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER