Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hiburan > Misteri, 3 Suku Bermata Biru Yang Ada Indonesia Seperti Orang Eropa

Misteri, 3 Suku Bermata Biru Yang Ada Indonesia Seperti Orang Eropa

Hiburan | Senin, 21 Februari 2022 | 15:52 WIB
Editor : Sebastian Renaldi

BAGIKAN :
Misteri, 3 Suku Bermata Biru Yang Ada Indonesia Seperti Orang Eropa

KABARINDO, JAKARTA- Orang Indonesia pada umumnya dikenal bermata hitam atau cokelat. Namun, ternyata ada tiga suku di negeri ini yang memiliki mata biru, mirip orang bule atau orang-orang Eropa.  Dari sejarahnya dan cerita rakyat setempat, tiga suku di Indonesia yang bermata biru ini merupakan hasil perkawinan campur dengan bangsa Portugis di masa dulu. Namun, ada juga yang disebut karena kelainan genetik langka.

Berikut tiga suku di Indonesia yang memiliki mata biru:

1. Suku Lamno di Aceh Warga Desa Lamno, kota kecil di Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh, dulunya sebagian besar bermata biru, berambut pirang, berkulit putih, berhidung mancung, dan berpostur tinggi seperti orang Eropa. Ternyata, ini karena mereka masih keturunan Portugis sehingga disebut anak cucu bangsa Portugis.

Warga Lamno hasil kawin campur antara bangsa Portugis yang datang ke Aceh sekitar tahun 1492-1511 dulu dengan penduduk setempat. Saat itu, banyak orang Portugis yang berdagang di Aceh dan menikahi penduduk asli.  Namun, bencana tsunami di Aceh tahun 2004 nyaris membuat warga keturunan Portugis punah di Lamno. Saat ini, cukup sulit menemukan warga bermata biru di Desa Lamno, Kecamatan Jaya.


2. Suku Buton di Sulawesi Tenggara Masyarakat Suku Buton di Sulawesi Tenggara (Sultra) juga memiliki mata biru terang dan berkulit cokelat. Mata biru mereka disebabkan kelainan genetik langka yang disebut Waardenburg Syndrome. Namun, fakta lain menyebutkan, warga suku Buton bermata biru karena hasil perkawinan silang dengan bangsa Portugis pada masa penjajahan dulu.

3. Suku Lingon di Maluku Suku Lingon berada di pedalaman Halmahera, Provinsi Maluku. Banyak warga suku Lingon yang memiliki mata biru dan berkulit putih.  Mata biru warga suku Lingon berdasarkan cerita masyarakat berawald dari sekitar 300 tahun silam. Sebuah kapal dari Eropa tenggelam di dekat perairan Halmahera. Sebagian penumpang yang selamat akhirnya membangun permukiman di tengah pedalaman hutan Halmahera Timur. Mereka kemudian menjadi komunitas yang disebut suku Lingon.

Itu dia tiga suku di Indonesia yang memiliki mata biru dan terlihat seperti orang bule. Kondisi mereka tersebut ternyata umumnya disebabkan perkawinan silang warga lokal dengan bangsa Portugis pada zaman penjajahan dulu. 

Sumber: iNews.id

Foto: Steemit
 


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER