Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Gaya hidup > Mengenal Kekayaan Kuliner Nusantara di Metaverse Bersama Museum Boga Indonesia dan WIR Group

Mengenal Kekayaan Kuliner Nusantara di Metaverse Bersama Museum Boga Indonesia dan WIR Group

Gaya hidup | Sabtu, 5 Maret 2022 | 12:21 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Mengenal Kekayaan Kuliner Nusantara di Metaverse Bersama  Museum Boga  Indonesia  dan WIR Group

KABARINDO, JAKARTA - Nusantara memiliki banyak warisan budaya yang tidak ternilai harganya. Salah satu dari warisan tersebut adalah ragam kuliner khas daerah dari berbagai penjuru daerah di Indonesia.

 

Tentunya warisan tak ternilai tersebut harus dilestarikan hingga ke zaman yang akan datang. Yayasan Museum Boga Indonesia dan WIR Group berupaya untuk melestarikan kekayaan kuliner khas Indonesia melalui teknologi.

 

Didirikan pada September 2021, Yayasan Museum Boga Indonesia merupakan yayasan pengelola museum kuliner pertama di Asia Tenggara yang berfungsi sebagai tempat pengarsipan kekayaan kuliner Indonesia mulai dari resep, teknik memasak, bahan baku, hingga rempah. “Dengan tujuan sebagai alat preservasi dan juga edukasi kepada masyarakat, Museum Boga Indonesia akan dihadirkan dengan pendekatan kontemporer. Visi kami adalah untuk melestarikan kebudayaan Indonesia,ungkap Santhi Serad, Ketua Yayasan Museum Boga Indonesia.

 

Untuk mewujudkannya, Yayasan Museum Boga Indonesia bekerjasama dengan WIR Group dalam mengembangkan museum Indonesia pertama di dunia Metaverse. Nantinya, Museum Boga Indonesia akan dibentuk dalam ruang 3D virtual dan menjadi bagian dari dunia Metaverse Indonesia dan menjadi pertama yang menginjak dunia metaverse.

 

Museum virtual tersebut akan menyajikan informasi seputar makanan khas Indonesia yang dikemas dalam tampilan tiga dimensi yang atraktif dan interaktif. “Masyarakat dapat berkunjung ke Museum Boga Indonesia tanpa harus datang secara fisik, tidak terhalang waktu dan tempat.

 

Dari Sabang sampai Merauke, mereka bisa menikmati pengalaman ini sekaligus belajar tentang budaya kuliner Indonesia. Digitalisasi ini juga diharapkan akan menambah daya tarik kepada generasi muda untuk mempelajari dan melestarikan kuliner khas Nusantara,ungkap Michael Budi, CEO dan Co-Founder WIR Group.

 

Guna meresmikan kerjasama tersebut, Yayasan Museum Boga Indonesia dan WIR Group telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) pada Selasa 29 Februari 2022. Rencananya Museum Boga Indonesia di dunia virtual akan dapat diakses melalui Metaverse Indonesia yang akan segera diluncurkan sebagai bagian dari presidensi Indonesia dalam G20 November mendatang.

 

METAVERSE adalah bagian Internet dari realitas virtual bersama yang dibuat semirip mungkin dengan dunia nyata dalam dunia internet tahap kedua.

 

Berkat bantuan teknologi augmented reality (AR), virtual reality (VR) serta artificial intelligence semua bisa berlangsung secara simultan dan parallel di Metaverse. Metaverse digambarkan sebagai teknologi yang memungkinkan orang orang untuk berkumpul dan berkomunikasi dengan masuk ke dalam dunia virtual.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER