Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hiburan > Memahami KeYATIMan; Dukung Sahabat Yatim Indonesia

Memahami KeYATIMan; Dukung Sahabat Yatim Indonesia

Hiburan | Selasa, 8 Mei 2018 | 07:55 WIB
Editor : ARUL Muchsen

BAGIKAN :
Memahami KeYATIMan; Dukung Sahabat Yatim Indonesia

Wanchai, Hong Kong, Kabarindo- Redaksi bersua dan lepas kangen dengan sosok inspiratif.

Ust. Abdul Muhaemin selaku Eksekutif Dakwah Union Islamic of Hong Kong. Beliau peraih BISA Award 2012 kategori Sahabat BMI & Inspirator.

Saat redaksi sedang memunculkan realitas Ke-Yatim-an dalam definisi kekinian. Redaksi coba mensitir pendapat Ikhsan selaku pimpinan Sahabat Yatim Indonesia bahwa ia mengentaskan pemahaman kekinian tentang YATIM itu sendiri yang tidak saja hilangnya salah satu orang tua tapi saat ada pembiaran karena banyak faktor sehingga anak-anak terabaikan dalam pengasuhan, pendidikan dan asupan gizi juga bisa disebut kondisi ke-Yatiman.

SAYATI ingin hadir menyantuni sekaligus memfasilitasi kondisi ke-Yatiman tersebut di banyak provinsi termasuk di perantauan khususnya para Pekerja Migran Indonesia yang memang merindukan adanya Asrama Asuh untuk para anak-anaknya di kampung halaman sehingga pengasuhan, pendidikan serta asupan gizinya tetap terjaga.

Program kerja pun akan menjangkau keberadaan Asrama Asuh untuk para PMI yang memang saat ini belum ada sama sekali untuk berkreativitas, penampungan sementara saat ada yang bermasalah dengan dokumen atau tempat untuk berkegiatan di Hong Kong sebagai project pertama kami di tahun 2019 mendatang.

"Santunan Anak Didik yang berada dikampung halaman itu sangat penting bagi para PMI yang punya anak, apalagi Sahabat PMI Mandiri atau Sahabat Sehat & Cerdas sehingga mewujudkan Indonesia House itu sangat realistis termasuk ketersediaan Ambulance yang saat ini belum ada sehingga masih bergantung pada Hong Kong sehingga tidak ada salahnya Sayati menfasilitasi ketersediaan armada Ambulance Sahabat PMI sendiri yang bisa menyambangi beberapa wilayah di Hong Kong apabila ada yang sakit, kecelakaan atau meninggal tentu saja kerjasama dengan pihak KJRI," paparnya sebagai Direktur SAYATI.

SAYATI adalah lembaga sosial yang bergerak dalam bidang pemberdayaan anak-anak Yatim & Dhuafa, mengawal mereka menuju masa depan yang lebih gemilang ditengah kesulitan dan ketidakberdayaan karena kehilangan dan ketidakberdayaan karena kehilangan orang tua dan himpitan kemiskinan.

Apabila redaksi menukil beberapa site atas pengertian Yatim artinya tidak punya ayah. Sedangkan piatu artinya tidak punya ibu. Arti yatim dalam Alquran adalah anak miskin atau tidak punya orangtua. Secara bahasa yatim berasal dari bahasa arab. Dari fi'il madli yatama mudlori' yaitamu  dab mashdar "yatmu" yang berarti : sedih. Atau bermakna: sendiri.

Adapun menurut istilah syara yang dimaksud dengan anak yatim adalah anak yang ditinggal mati ayahnya sebelum dia balig. Batas seorang anak disebut yatim ketika anak telah balig dan dewasa, berdasarkan sebuah hadis Ibnu Abbas r.a. pernah menerima surat dari Najdah bin Amir yang berisi beberapa pertanyaan, salah satunya batasan seorang disebut yatim, Ibnu Abbas yang artinya kamu bertanya kepada saya tentang anak yatim, kapan terputus predikat yatim itu, sesungguhnya predikat itu putus bila ia sudah balig dan menjadi dewasa

Nah, apabila secara luas,"Yatim dari ilmu yang bermanfaat pun bisa disematkan kepada tiap orang yang tidak mau belajar sehingga saya setuju pemahaman ke-Yatim-an dalam definisi kekinian bahwa tiap anak memang harus dipastikan ketersediaan asupan gizi yang cukup dan pendidikan. sehingga apabila orang tuanya karena kemiskinan atau hidup pas-pasan, anak tersebut mengalami kondisi ke-Yatiman dalam pengertian yang lebih luas, papar Ust. Muhaemin sapaan akrabnya yang membina halaqoh senin-ahad serta beberapa koperasi dan usaha umroh travel sebagai penasehat dan pembina.

Redaksi pun dilibatkan untuk beri motivasi bagi PMI yang akan pulang dan mempersiapkan bisnis yang tepat dengan 6P yakni Plan, Product, Place, Price+Promotion, Previous.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER