Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Gaya hidup > Mau Tahu 20 Manfaat Minyak Zaitun; Kesehatan, Kuliner & Kecantikan

Mau Tahu 20 Manfaat Minyak Zaitun; Kesehatan, Kuliner & Kecantikan

Gaya hidup
Oleh : ARUL Muchsen

BAGIKAN :
 Mau Tahu 20 Manfaat Minyak Zaitun; Kesehatan, Kuliner & Kecantikan

Salemba, Jakarta, Kabarindo- Minyak zaitun aman, baik dikonsumsi secara langsung (sebagai bahan masakan) atau saat dioleskan pada kulit.

Minyak zaitun ini secara aman memberikan 14% dari total kalori harian, dari sekitar 2 sendok makan (28 gram) setiap hari.

Minyak zaitun telah digunakan secara aman sebagai bagian dari diet gaya Mediterania.

Selain itu, minyak zaitun sering digunakan produsen kosmetik. Minyak zaitun berasal dari tanaman zaitun yang tumbuh di wilayah mediterania yang memberikan intensitas matahari yang banyak.

Minyak zaitun sangat dikenal dalam dunia kecantikan, kuliner bahkan kesehatan. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi di dalam minyak zaitun tersebut.

Di setiap 100 gram minyak zaitun terdapat sejumlah nilai gizi :
    Energi – 3701 kJ (885 kcal)
    Karbohidrat – 0 g
    Lemak – 100 g.
    – Jenuh (14 g)
    – Tak jenuh tunggal (73 g)
    – Tak jenuh ganda (11 g)
    – Omega-3 lemak (<1,5 g)
    – Omega-6 leak (3,5-21 g)
    Protein – 0 g
    Vitamin E – 14 mg (93% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa)
    Vitamin K – 62 mg (59% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa)

Manfaat Minyak Zaitun
    Minyak zaitun memiliki rasa dan rasa yang berbeda. Tidak seperti minyak lainnya, yang diekstraksi dari kacang-kacangan dan biji-bijian, zaitun diperoleh dari buah zaitun dan karenanya, mengandung sejumlah besar antioksidan, phytosterol, dan vitamin yang berasal dari tanaman.
    Minyak zaitun diakui sebagai salah satu minyak edible yang paling sehat karena mengandung sedikit lemak jenuh. Selain itu, ia menyusun asam lemak esensial linoleat (omega-6) dan linolenat (omega-3) pada rasio 8: 1 yang direkomendasikan.
    Minyak tinggi kalori. Kandungan kalori tinggi terutama berasal dari lemaknya. Namun, sangat kaya akan asam lemak mono-tak jenuh (MUFA) seperti asam oleat (18: 1) dan asam palmitoleat (16: 1) yang membantu menurunkan LDL atau “kolesterol jahat” dan meningkatkan HDL atau “kolesterol baik” di dalam darah. Studi penelitian menunjukkan bahwa diet Mediterania yang kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal membantu mencegah penyakit arteri koroner dan stroke dengan memilih profil lipid darah yang sehat.
    Minyak zaitun, terutama extra virgin, mengandung senyawa fenolik tyrosol seperti oleuropein dan oleocanthal. Senyawa ini bertanggung jawab atas rasa pahit dan pedasnya. Oleocanthal, oleuropein, dan turunannya hidroksityrosol adalah antioksidan alami yang paling kuat. Bersama dengan vitamin E dan karotenoid, mereka memainkan peran vital melawan kanker, peradangan, penyakit arteri koroner, penyakit saraf degeneratif, diabetes, dll.
    Studi menunjukkan bahwa oleocanthal memiliki ibuprofen (NSAID) seperti aktivitas anti-inflamasi. Diet Mediterania yang menggunakan minyak zaitun mungkin bertanggung jawab atas rendahnya insiden penyakit arteri koroner.
    Sebagai sumber nabati, ia memiliki kadar sterol tanaman yang sangat tinggi, terutama ß-sitosterol. FDA telah menyetujui klaim phytosterol berikut ini: “Makanan yang mengandung paling sedikit 0,4 gram per porsi sterol tanaman, dimakan dua kali sehari dengan makanan untuk asupan harian minimal 0,8 gram, sebagai bagian dari diet rendah lemak jenuh dan kolesterol, bisa mengurangi risiko penyakit jantung “. Phyto-sterol secara kompetitif menghambat penyerapan kolesterol dalam usus dan dengan demikian dapat mengurangi kadar kolesterol total hingga 10% sampai 15%.
    Minyak zaitun kaya akan vitamin E. 100 g minyak extra-virgin segar mengandung 14,39 mcg (sekitar 96% dari RDA) dari alpha-tocopherol. Vitamin E adalah antioksidan lipid yang kuat, diperlukan untuk menjaga integritas membran sel mukosa dan kulit dengan melindunginya dari radikal bebas oksigen yang berbahaya.
    Selain itu, minyak extra-virgin juga merupakan sumber vitamin K yang sangat baik; 100 g menyediakan sekitar 50% DRI.

Vitamin-K memiliki peran potensial dalam peningkatan massa tulang dengan mempromosikan aktivitas osteotropik di tulang. Ini juga telah menetapkan peran dalam pengobatan pasien penyakit Alzheimer dengan membatasi kerusakan neuron di otak.

Konsumsi minyak zaitun, baik dalam bentuk soft gel atau cairannya langsung bermanfaat bagi tubuh untuk:

1. Melindungi tubuh dari penyakit jantung dengan cara mengendalikan lemak jahat (LDL) dan meningkatkan lemak yang baik (HDL) dan darah tinggi. Minyak zaitun menurunkan kadar LDL dengan mempr oduksi komponen yang melindungi LDL dari kerusakan. LDL rusak berperan dalam pembentukkan atherosclerosis.
    
2. Melindungi penyakit penyakit yang berkaitan dengan penuaan seperti atherosclerosis, Polyphenol dalam minyak zaitun mencegah sel sel monosit menempel pada dinding pembuluh darah, bagian dari proses pembentukan atherosclerosis.
    
3. Memperpanjang usia. Minyak zaitun kaya akan antioksidan yang melindungi sel dari racun racun yang merusak sel. Pada wanita menopause, konsumsi minyak zaitun menurunkan kerusakan sel hingga 30%.
    
4. Menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan insulin pada penderita diabetes tipe 2. Antioksidan dalam minyak zaitun diduga melindungi sel sel pankreas penghasil insulin.
    
5. Mencegah osteoporosis. Kandungan oleuropein dan hydroxy-tyrosol dalam minyak zaitun menurunkan peradangan yang terlibat dalam proses terjadinya osteoporosis.
    
6. Mencegah petumbuhan H.pylori, bakteri yang diduga terkait dengan maag dan kanker lambung.
    
7. Menurunkan berat badan. Konsumsi minyak zaitun menurunkan berat badan tanpa harus mengubah pola makan atau meningkatkan aktivitas fisik.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan:

8. Memberikan Kelembaban Alami Kulit
Orang Indonesia pada umumnya sering mengalami masalah kulit kering, sehingga dibutuhkan makanan kulit alami untuk memberikan kelembapan ekstra seperti manfaat lidah buaya. Kandungan manfaat vitamin E pada minyak zaitun ini sangat baik untuk memberikan kadar minyak alami.
Caranya :
    Bersihkan wajah sebelum memakai minyak zaitun.
    Oleskan sebelum tidur pada kulit wajah, namun Hati-hati untuk mengoleskan minyak zaitun pada daerah sensitif seperti daerah sekitar mata.

9. Mencegah Penuaan Dini
Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun yang akan membantu, menjaga kadar air pada kulit wajah, kulit agar tidak muncul keriput pada usia dini. Kandungan antioksidan yang kaya pada minyak zaitun ini juga banyak terdapat pada manfaat kacang hijau dan manfaat anggur

10. Menghilangkan Noda Jerawat
Cara menghilangkan noda jerawat yang membandel secara alami, juga dapat dilakukan minyak zaitun. Cukup panaskan sebentar minyak zaitun, kemudian oleskan pada bagian wajah yang terdapat noda jerawat.

11. Anti Inflamasi
Di dalam minyak zaitun dipenuhi oleh antikosidan jenis polifenol, yang membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Senyawa polifenol inilah yang mengandung sifat anti inflamasi. Para ilmuwan telah banyak melakukan penelitian pada efek polifenol ini, yang termasuk baik terhadap tulang dan kesehatan pencernaan. Pada penelitian lain menunjukkan bahwa minyak zaitun ini  berpotensi terhadap peningkatan fungsi otak (kognitif) dan memori.

12. Mengontrol Tekanan darah
Menambahkan minyak zaitun dalam diet sehari-hari lebih dari 6 bulan, yang berlanjut dengan perawatan biasa, dapat mengontrol tekanan darah seperti manfaat ketimun. Pada beberapa kasus yang ditemukan, baik yang bertekanan darah rendah atau tekanan darah tinggi benar-benar dapat menurunkan takaran obat  atau menghilangkannya sama sekali. Namun, jangan dilakukan tanpa pengawasan dokter.

13. Kolesterol Baik
Minyak zaitun maseuk ke dalam daftar makanan bukan lemak jenuh dan mampu menurunkan kadar kolesterol,  kolesterol tinggi. Namun, pada beberapa penelitian menunjukkan minyak diet lainnya seperti bunga matahari dan minyak canola, memungkinkan dalam penurunan kadar LDL dan jenis kolesterol lain kolesterol yang disebut apolipoprotein B.

14. Pencegahan Kanker
Dari penelitian ditemukan bahwa adanya pengaruh bagi orang yang mengkonsumsi minyak zaitun untuk ini, menurunkan risiko terhadap terjadinya kanker kolorektal. Selain itu, untuk wanita yang menyukai penggunaan minyak zaitun ini, diduga dapat memberikan perurunan terhadap risiko terjadinya kanker payudara.

15. Pencegahan Stroke
Pada penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa, orang-orang yang mengkonsumsi minyak zaitun lebih rendah akan resiko penyakit stroke di kemudian hari, daripada yang tidak mengkonsumsinya sama sekali. Meskipun penilitian ini masih bersifat observasional, tapi akan dilakukan pengembangan penilitian langsung kepada objek yang mengkonsumsi ataupun tidak.

16. Lotion Rambut Alami
Rambut yang sering mengalami pengeritingan, pelurusan atau bersinggungan dengan bahan kimia seperti obat rebounding, dapat menimbulkan kerusakan rambut. Minyak zaitun dapat bekerja memberi pertahanan pada rambut, seperti lotion rambut .
Caranya :
    Oleskan minyak zaitun pada kulit kepala
    Beri sedikit pijatan supaya meresap ke kulit kepala
    Kemudian tutuplah rambut dengan handuk selama 10 menit

Kombinasikan pemakaian minyak zaitun, dengan manfaat kuning telur atau dengan manfaat madu sebagai masker, untuk mencegah kerontokan.

17. Melebatkan Pertumbuhan Rambut
Minyak zaitun juga dapat membantu problem rambut yang membutuhkan nutrisi untuk melebatkannya. Manfaat alpukat yang dibuat menjadi masker rambut alami, bersama minyak zaitun menjadikan rambut lebat yang luar biasa. Cara penggunaannya juga cukup mudah, cukup oleskan masker pada rambut, kemudian diamkan sebentar hingga meresap lalu di bilas.

18. Manfaat Minyak Zaitun Sebagai Aromaterapi
Selain manfaat di atas, minyak zaitun banyak juga banyak digunakan sebagai minyak aromaterapi karena baunya yang khas dan wangi. Juga digunakan sebagai minyak urut/pijat dan campuran masker pada berbagai produk kecantikan. Namun waspadai juga penggunaan minyak zaitun terhadap efek sampingnya.

    Minyak zaitun adalah minyak nabati terbaik dalam hal palatabilitas, stabilitas, profil lipid, dan profil keselamatan.
    Ini kaya akan energi; 100 g minyak memberikan 884 kalori. Namun, rasio tinggi asam lemak monounsaturated terhadap asam lemak jenuh memenuhi syarat sebagai salah satu minyak yang paling sehat untuk dikonsumsi.
    Minyak extra virgin memiliki titik asap tinggi pada suhu 450 ° F (210 ºC). Properti zaitun ini sangat penting saat menggunakannya dalam memasak dengan suhu tinggi; seperti menggoreng makanan tertentu.
    Minyak zaitun memiliki profil lipid yang sangat baik. Lemak jenuh, tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda (SFA: MUFA: PUFA = 14: 77: 9) dibagikan dalam proporsi yang baik.
    Minyak yang biasa disebut cold-press adalah salah satu minyak goreng yang stabil yang memiliki umur simpan yang sangat lama.

19. Diabetes – Minyak zaitun dapat menurunkan gula darah, sehingga penderita diabetes harus memeriksa gula darah mereka saat menggunakan minyak zaitun.
    Operasi Bedah – Minyak zaitun dapat mempengaruhi gula darah, sehingga penggunaan minyak zaitun ini dapat mempengaruhi kontrol gula darah selama operasi. Berhenti mengkonsumsi minyak zaitun 2 minggu sebelum operasi.

20. Dibalik khasiat minyak zaitun untuk kesehatan yang cukup sempurna terutama sangat baik untuk jantung, jadi anda dapat mengganti konsumsi minyak anda dengan minyak zaitun.

(Dari Berbagai Sumber)


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER