Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Internasional > Longsoran Salju Gunung Alpen Perancis , Gerald Darmanin: 4 Orang Tewas

Longsoran Salju Gunung Alpen Perancis , Gerald Darmanin: 4 Orang Tewas

Internasional | Senin, 10 April 2023 | 05:41 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Longsoran Salju Gunung Alpen Perancis , Gerald Darmanin: 4 Orang Tewas

KABARINDO, PRANCIS – Menteri Dalam Negeri Prancis Gerald Darmanin mengatakan setidaknya empat orang tewas dalam longsoran salju di Pegunungan Alpen Prancis.

Longsor itu terjadi di gletser Armancette dekat Mont Blanc di Prancis tenggara sekitar tengah hari pada Minggu (9/4/2023) waktu setempat.

Wakil walikota setempat telah mengkonfirmasi bahwa dua orang yang tewas adalah pemandu gunung.

Beberapa orang yang terluka telah dibawa ke rumah sakit, dan dua orang masih hilang.

Jean-Luc Mattel, wakil walikota desa Contamines-Montjoie di dekatnya, mengatakan longsoran salju disebabkan oleh lempengan salju yang terlepas dari puncak gunung.

Anjing pencari dan penyelamat dan tim penyelamat gunung bekerja sepanjang hari untuk mencoba menjangkau mereka yang tertangkap, yang semuanya dianggap bermain ski di pedalaman.

Pencarian dua orang yang hilang diperkirakan akan dilanjutkan pada Senin (10/4/2023).

Mattel mengatakan tingkat risiko pada Minggu (9/4/2023) pagi "masuk akal" dan pemandu, keduanya penduduk setempat, sangat berpengalaman.

"Hari ini, kami berduka, dan ada kesedihan besar di antara kami semua pendaki gunung, teman-teman Les Contamines, mereka yang meninggal adalah orang yang kami kenal, dan semua duka cita kami sampaikan kepada keluarga mereka," katanya, dikutip BBC.

Darmanin dan Presiden Prancis Emmanuel Macron juga telah menyatakan simpati mereka.

Sebelum kejadian, resor ski terdekat bernama Les Contamines-Montjoie memposting video di media sosial yang menunjukkan dinding salju besar bergerak turun dari Dômes de Miage, yang merupakan bagian dari gletser.

Tidak jelas apakah video tersebut menunjukkan longsoran salju yang menewaskan banyak orang.

Seorang saksi mata mengatakan kepada France Television bahwa dia sedang mendaki tepat di depan gletser Armancette ketika dia melihat longsoran salju terjadi dan mengeluarkan ponselnya untuk merekamnya.

"Saya telah meletakkan telepon di depan saya tetapi kemudian saya melihat dengan mata saya lebih dari pada lensa dan tiba-tiba ada awan besar yang turun ke bawah, terbelah menjadi dua," katanya.

"Saya memikirkan keluarga, saya memikirkan orang-orang, orang-orang yang keluar darinya, yang ketakutan dalam hidup mereka, orang-orang yang masih di sana,” lanjutnya.

Resor terdekat mendesak orang-orang untuk berhati-hati jika mereka bertualang di luar jalur - jauh dari jalur ski yang telah disiapkan.

Para pejabat mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa longsoran salju lebih lanjut tidak dapat dikesampingkan.

Dua saudara laki-laki tewas dalam longsoran salju di gletser yang sama pada 2014. Mereka berdua adalah pendaki gunung yang berpengalaman dan telah diperlengkapi dengan baik. Foto: Reuters


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER