Logitech Ikrarkan Transparansi; tentang Dampak Karbon Semua Produknya

Logitech Ikrarkan Transparansi; tentang Dampak Karbon Semua Produknya

Logitech Ikrarkan Transparansi; tentang Dampak Karbon Semua Produknya

Berikan informasi detil tentang dampak produk dan keseluruhan portofolio terhadap lingkungan

Surabaya, Kabarindo- Logitech Internasional, perusahaan produk cloud peripherals, mengikrarkan bahwa mulai saat ini akan mengomunikasikan dampak karbon dari semua produknya di setiap kardus kemasan dan situs web perusahaannya.

Pemberian label dampak karbon pertama diharapkan akan ada di produk gaming pada akhir tahun ini, yang dilanjutkan pemberian label tersebut ke seluruh portofolio sesuai rencana.

Logitech akan menjadi perusahaan elektronik konsumen pertama dunia yang memberi label dampak karbon secara rinci pada setiap produk kemasannya serta ke seluruh portofolio bisnisnya. Logitech melakukan terobosan ini agar konsumen ikut berdaya dan berkolaborasi dalam menentukan pilihan mereka dalam membeli produk. Logitech juga ingin membangkitkan tatanan baru kepada seluruh industri lainnya untuk turut berubah menurunkan dampak karbon secara dramatis terhadap lingkungan.

Sebagai perusahaan yang memenangi penghargaan dalam hal desain produk, Logitech dalam proses mendesain produk selalu memikirkan secara berkelanjutan dan mencari cara untuk mengurangi dampak produk mereka terhadap lingkungan. Hingga saat ini, belum terlihat adanya pengetahuan yang diberikan kepada konsumen untuk memahami dampak individu mereka sendiri terhadap lingkungan. Sekarang, dengan adanya label transparan karbon pada kemasan produk, Logitech memberikan pengetahuan tentang dampak tersebut, mengomunikasikannya kepada konsumen dan memberdayakan mereka dalam pengambilan keputusan yang tepat saat membeli.

Bracken Darrell, Presiden dan CEO Logitech, mengatakan pihaknya menyadari besarnya tantangan lingkungan yang dihadapi bumi. Kaena itu, pihaknya menggandakan upaya untuk mengurangi dampak terhadap lingkungan, namun hal ini tidak dapat dilakukan sendiri.

Dengan mengomunikasikan dampak karbon atas setiap produk, kami berdayakan konsumen dan berkolaborasi untuk memperbaiki dunia. Kami juga mengundang perusahaan lain untuk bergabung bersama Logitech untuk melakukan perubahan positif melalui pemberian transparansi seperti ini pada produk mereka. Dibutuhkan upaya dari seluruh industri untuk benar-benar membuat perubahan, ujarnya.

Transparansi karbon (carbon transparancy) menunjukkan konsistensi dan komitmen Logitech secara berkelanjutan dan menyeluruh, yang diaplikasikan pada produk, pengemasan dan operasionalnya. Pada 2019, Logitech menetralisir karbon dalam portofolio produk gaming-nya, mengumumkan dukungannya terhadap Perjanjian Paris, berikrar untuk membatasi jejak karbonnya untuk mendukung tujuan ambisius 1,5oC dan berkomitmen bahwa perusahaan akan menggunakan tenaga listrik dari sumber terbaharui secara eksklusif pada 2030.

Dampak karbon adalah pengukuran kuantitatif yang diakui selaras dengan upaya aksi iklim. Logitech telah menghabiskan waktu bertahun-tahun mengembangkan kemampuan Life Cycle Analysis (LCA) yang mencerminkan dampak karbon suatu produk selama masa pakai produk tersebut, mulai dari bahan mentah hingga pembuatan, distribusi, penggunaan konsumen dan pada akhirnya memasuki akhir masa pakai. Penerapan alat LCA dan keahlian desain memungkinkan perusahaan untuk menganalisis dampak karbon, kadar racun (toxicity) dan sirkularitas dari berbagai produk dan bahan kemasan.

Untuk menjaga integritas perhitungan internal perusahaan, Logitech akan bekerja sama dengan pihak ketiga yang mumpuni termasuk Natural Capital Partners, iPoint Group dan penguji independen yang akan memverifikasi secara kritis dan memvalidasi tingkat dampak karbon produk sesuai standar sertifikasi DEKRA. Logitech secara suka rela mengomunikasikan informasi jejak karbon produk dan akan menyediakan akses online mengenai metodologi dan protokol yang diterapkan, pemenuhan standar kuantifikasi jejak karbon dan mengomunikasikan penetapan label sesuai sertifikasi standar ISO 14067 dan ISO 14026.

Rebecca Fay, Chief Marketing Officer (CMO) di Natural Capital Partners, mengatakan semakin banyak konsumen mencari penggiat bisnis yang melakukan aksi yang nyata, jelas, transparan dan kredibel mengenai aksi mereka terhadap iklim dunia. Ia memuji program transparansi karbon Logitech yang dilengkapi sertifikasi Carbon Neutral untuk seluruh produknya.

Martina Prox, Sustainability Strategy dari iPoint Group, menambahkan bahwa menciptakan transparansi akan jejak karbon dari produk suatu perusahaan adalah langkah penting untuk mengurangi efek gas rumah kaca dan dengan ini secara tidak langsung turut memerangi perubahan iklim. Ia berharap dapat terus bekerja dengan Logitech dalam menghitung dan menganalisis jejak karbon dari portofolio produk mereka.

Penulis: Natalia Trijaji