Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Iptek > Lebih Ramah Lingkungan dengan Perlengkapan Baru di Rumah

Lebih Ramah Lingkungan dengan Perlengkapan Baru di Rumah

Iptek
Oleh : Hauri Yan

BAGIKAN :
Lebih Ramah Lingkungan dengan Perlengkapan Baru di Rumah

KABARINDO, TANGERANG – Hasrat untuk dapat bisa mengikuti tren teknologi terbaru terkadang membuat banyak orang menyampingkan efek dari teknologi yang digunakan tersebut pada lingkungan.

Meskipun terasa remeh-temeh dibandingkan dengan kebijakan pemerintah atau perusahaan, misalnya, memutuskan untuk menjadi lebih sadar lingkungan tentunya akan berdampak positif bila banyak yang melakukannya.

Kesadaran itu bisa berupa pertimbangan akan peralatan apa yang kita gunakan, pilihan energi yang kita buat, dan bagaimana kita menangani limbah kita. Hal-hal seperti ini dapat menimbulkan dampak positif lebih lanjut.

Jika Anda mencari inspirasi untuk melengkapi kebutuhan Anda dengan peralatan yang lebih ramah lingkungan, anda dapat mempertimbangkan daftar berikut:

1. Samsung Eco Remote

Lebih Ramah Lingkungan dengan Perlengkapan Baru di Rumah

Dengan telekendali buatan Samsung ini, Anda tidak perlu mengisi daya lagi. Tidak perlu lagi baterai, dan tidak perlu mencolokkannya ke listrik. 

Seperti Eco Remote Samsung produksi sebelumnya, tipe terbaru ini dapat diisi dengan energi matahari. Yang membedakannya adalah kini ia dapat diatur agar dayanya diisi dengan cara mengumpulkan gelombang radio router Anda dan mengubahnya menjadi energi.

2. Speaker Mayht Bertenaga Surya

Lebih Ramah Lingkungan dengan Perlengkapan Baru di Rumah

Serupa dengan remote control produksi Samsung, pengeras suara keluaran Mayht ini juga mengandalkan matahari sebagai sumber energinya.

Namun, Anda tidak akan melihat panel surya atau apa pun yang menyerupai pengisi daya di speaker ini. Hal ini karena Mayht bekerja sama dengan Exeger, sebuah perusahaan yang membuat bahan surya yang dikenal sebagai Powerfoyle, yang dapat mengubah cahaya alami dan cahaya di sekitarnya menjadi energi.

3. Radio Pancuran H2O

Lebih Ramah Lingkungan dengan Perlengkapan Baru di Rumah

Mau mendengarkan radio saat mandi tanpa khawatir merusak ponsel Anda dan sekaligus ingin hemat energi? Radio pancuran H2O ditenagai oleh tekanan air dari pancuran yang anda gunakan. 

Anda juga dapat mendengarkannya sambil menyikat gigi karena kelebihan energi disimpan di baterai internalnya. Saat Anda menyalakannya lagi, radio H2O akan secara otomatis menyetel ke stasiun terakhir tempat Anda melakukan jamming.

4. Lampu LED Pintar

Lebih Ramah Lingkungan dengan Perlengkapan Baru di Rumah

Lampu LED dikenal jauh lebih efisien daripada lampu pijar dan dapat mengurangi biaya energi Anda hingga 20 persen.

Bohlam pintar LED hadir dengan keunggulan tambahan: mereka dapat terhubung ke ponsel Anda melalui Bluetooth sehingga Anda dapat mengambil kendali penuh atas pengoperasiannya. Ini berarti Anda dari kejauhan dapat mematikan lampu atau mengubah warnanya agar sesuai dengan suasana hati Anda.

5. Pembuat Pod Kopi Frescopod

Lebih Ramah Lingkungan dengan Perlengkapan Baru di Rumah

Pod kopi harganya lumayan mahal dan meninggalkan sampah plastik.

Dengan Frescopod, Anda dapat menghasilkan pod kopi yang dapat disesuaikan jumlahnya menggunakan filter 100% biodegradable (dapat terurai) dan hasilnya langsung bisa digunakan sebagai kompos.

Dengan alat ini Anda juga bisa menciptakan cita rasa yang Anda suka sendiri dengan menggunakan jenis kopi sesuka Anda hanya dalam beberapa detik. Pembersihan alat ini juga diklaim sangat minimal, jadi tidak merepotkan.

6. Ban Ramah Lingkungan Goodyear

Perusahaan Goodyear belum lama ini meluncurkan ban dengan konsep berkelanjutan (sustainable) 70 persen, dengan 13 komponen bahan yang lebih ramah lingkungan dan diproduksi dengan cara yang efisien sehingga mengurangi efek gas rumah kaca.

Lebih Ramah Lingkungan dengan Perlengkapan Baru di Rumah

Misalnya, karbon hitam dan karet berbahan dasar bensin yang biasanya digunakan sebagai bahan pengisi untuk meningkatkan daya tahan dan masa pakai ban telah diganti dengan metana, karbon dioksida, dan minyak nabati yang lebih ramah lingkungan.

Selain itu, Goodyear menggunakan silika dari abu sekam padi untuk ban ini, yang meningkatkan daya cengkeramnya di jalan. 

Perangkat apalagi yang menurut Anda dapat ditambahkan ke daftar ini untuk menjadi lebih ramah lingkungan? ***(Dari berbagai sumber)


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER