Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Iptek > Laboratorium Nasional Argonne Pilih Prosesor AMD EPYC; Persiapkan Masa Depan Exascale

Laboratorium Nasional Argonne Pilih Prosesor AMD EPYC; Persiapkan Masa Depan Exascale

Iptek
Oleh : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Laboratorium Nasional Argonne Pilih Prosesor AMD EPYC; Persiapkan Masa Depan Exascale

Laboratorium Nasional Argonne Pilih Prosesor AMD EPYC; Persiapkan Masa Depan Exascale

Supercomputer Polaris terbaru akan mengoptimalkan AI, engineering dan proyek ilmiah untuk supercomputer Exascale

Surabaya, Kabarindo- AMD mengumumkan bahwa U.S. Department of Energy’s (DOE) Laboratorium Nasional Argonne (Argonne) telah memilih prosesor AMD EPYC untuk memberi daya pada supercomputer baru yang disebut Polaris, yang akan mempersiapkan para peneliti untuk supercomputer exascale mendatang di Argonne yang disebut Aurora.

Polaris yang dibuat oleh Hewlett Packard Enterprise (HPE) akan menggunakan Prosesor EPYC Generasi Kedua kemudian ditingkatkan ke prosesor EPYC Generasi Ketiga. Ini memungkinkan para ilmuwan dan pengembang untuk mengoptimalkan kode perangkat lunak dan aplikasi untuk menangani berbagai AI, engineering dan proyek ilmiah.

Forrest Norrod, Senior Vice President and General Manager, Datacenter and Embedded Solutions Business Group AMD, mengatakan prosesor server EPYC terus menjadi pilihan utama untuk penelitian HPC modern, memberikan kinerja dan kemampuan yang dibutuhkan utuk membantu memecahkan masalah kompleks yang akan ditangani oleh komputasi pra-exascale dan exascale.

“Kami sangat bangga dapat mendukung Argonne National Laboratory dan penelitian kritis mereka ke berbagai bidang termasuk teknologi rendah karbon, penelitian medis, astronomi, tenaga surya dan lainnya saat kami semakin dekat ke era exascale, ujarnya.

Polaris akan menggunakan prosesor AMD EPYC 7532 dan prosesor EPYC 7543 serta kartu grafis NVIDIA A100 Tensor Core, untuk menghadirkan sekitar 44 petaflops performa puncak presisi ganda, yang 4x lebih cepat dari supercomputer Argonne saat ini.

Awalnya, Polaris akan digunakan oleh tim peneliti yang berpartisipasi dalam kegiatan inisiatif seperti Proyek Komputasi Exascale DOE dan Program Sains Awal ALCF. Komunitas pengguna dalam Proyek Komputasi Exascale DOE juga akan menggunakan Polaris untuk mengoptimalkan beragam tugas teknik untuk superkomputer exascale Argonne mendatang, yang mencakup gabungan sistem yang pendukung CPU dan GPU serta integrasi alur kerja yang menggabungkan pemodelan, simulaso, AI dan komponen data intensif lainnya.

Polaris dijadwalkan untuk dikirim dan dipasang pada Agustus 2021 dan akan digunakan mulai awal 2022. Komunitas HPC yang lebih luas akan mengakses sistem pada musim semi 2022 untuk mempersiapkan beban kerja bagi sumber daya HPC DOE generasi berikutnya.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER