Krista Exhibitions Virtual Expo 2021; Dukung Industri Kemasan, Farmasi & Percetakan

Krista Exhibitions Virtual Expo 2021; Dukung Industri Kemasan, Farmasi & Percetakan

Krista Exhibitions Virtual Expo 2021; Dukung Industri Kemasan, Farmasi & Percetakan

Gelar 5 pameran selama 24-28 Agustus 2021

Surabaya, Kabarindo- Krista Exhibitions mengadakan pameran virtual internasional pada 24-28 Agustus 2021 untuk mendukung perkembangan industri kemasan, farmasi dan percetakan pada masa pandemi Covid-19 ini.

Daud Salim dari Krista Exhibition mengatakan, pameran produk secara virtual ini diharapkan memberikan kesempatan lebih luas bagi para peserta untuk menampilkan produk agar dapat mengembangkan bisnis dan tetap dapat melakukan transaksi pada masa pandemi.

“Solusi pemasaran melalui virtual ini membuka peluang ke mancanegara tanpa batas, karena dapat diakses oleh pengunjung dari berbagai wilayah dan zona waktu yang berbeda. Para pelaku usaha yang memamerkan produk, berkesempatan untuk dilihat secara global. Platform virtual ini efektif dan efisien bagi para pelaku usaha untuk bertemu dengan calon pembeli yang potensial,” ujarnya.

Daud mengatakan, pandemi memberikan tantangan tersendiri terhadap industri kemasan dan percetakan. Menurut laporan dari Paper blog, tingkat penjualan packaging makanan dan minuman justru meningkat sebesar 5%-10%. Hal ini dipicu oleh tren perubahan pola konsumsi masyarakat yang lebih memilih untuk membeli makanan dan minuman dengan konsep kemasan lebih menarik dan higienis.

“Desain kemasan produk memang berpengaruh besar dalam menarik minat pembeli dan meningkatkan penjualan suatu produk,” ujarnya.

Marolop Nainggolan, Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, mengatakan pameran secara virtual bisa menjadi pameran yang tak kalah menarik dengan pameran langsung. Menurut ia, ini merupakan kesempatan yang bagus untuk memasarkan beragam produk Indonesia. Ia optimis, industri kemasan terus tumbuh karena meningkatnya permintaan.

Mobilitas yang terbatas juga membuat banyak masyarakat beralih ke online shopping atau delivery order. Hal ini menggembirakan industri kemasan, label dan percetakan untuk semakin fokus pada pemenuhan packaging untuk bisnis food & beverages (F&B) yang permintaannya terus meningkat, karena tingginya pemesanan makanan scara online dan take away.

Menyikapi kondisi tersebut, Krista Exhibitions Virtual Expo 2021 akan menghadirkan lima pameran yaitu Virtual Pack Indonesia Expo, Virtual Process Indonesia Expo, Virtual Pharma Indonesia Expo, Virtual ALL Print Paper Pack Expo, Virtual Sign dan Ad & LED’s.

Pameran tersebut akan diikuti oleh lebih dari 90 peserta lokal maupun internasional, termasuk lebih dari 15 pelaku UMKM. Expo ini menghadirkan 30 acara menarik dengan 60 pembicara yang akan memberikan informasi dan edukasi. Akan ada webinar dari GP Farmasi dengan tema Kesiapan Industri Farmasi di Era Pandemi dan Post Pandemi. Penyediaan: Obat, Bahan Baku Obat, Kemasan dan teknologinya, dari IPF dengan tema Packaging Design Challenge for Future Sustainability, dari PPGI & instansi pendidikan dengan tema Peran Industri Percetakan untuk Perkembangan Pendidikan Grafika di Indonesia serta GAPMMI Members Gathering.

Daud menyebutkan, expo tersebut menargetkan 25.000 kunjungan dari berbagai segmen dan industri. Pengunjung berkesempatan untuk melakukan video call dan live chat dengan peserta pameran. Jika ingin bertransaksi, pengunjung dapat meminta sample dari produk list yang telah terkoneksi dengan link ecommerce maupun website.

Para peserta pameran akan mendapatkan analitik pengunjung yang real time dan detil mencakup jumlah pengunjung booth per hari, data pengunjung, jumlah view brosur/poster/video dan jumlah view produk. Para peserta juga dapat mengupload dan mengatur sendiri file poster, brosur, foto produk dan preview langsung di booth virtual masing-masing.

Penulis: Natalia Trijaji