Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Olahraga > Ketum PSSI Pastikan Timnas Indonesia Bertahan Bersama Federasi AFF

Ketum PSSI Pastikan Timnas Indonesia Bertahan Bersama Federasi AFF

Olahraga
Oleh : Orie Buchori

BAGIKAN :
Ketum PSSI Pastikan Timnas  Indonesia Bertahan Bersama Federasi AFF

KABARINDO, YOGYAKARTA – Ketua Umum Federasi Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan, memastikan Timnas Indonesia tetap akan menjadi anggota Konfederasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF). Dengan begitu, dia menepis isu kencang yang menyebut Timnas Indonesia punya rencana gabung Konfederasi Sepakbola Asia Timur (EAFF).

Seperti diketahui, wacana Timnas Indonesia akan keluar dari AFF berembus kencang beberapa waktu lalu. Hal itu disebabkan dugaan sepakbola gajah yang diperagakan Timnas Vietnam U-19 dan Timnas Thailand U-19 pada Piala AFF U-19 2022 beberapa bulan lalu.

Lantaran dugaan sepakbola gajah itu telah berimbas dengan tersingkirnya Timnas Indonesia U-18 dari ajang tersebut, PSSI pun bertindak tegas dengan melayangkan surat protes kepada AFF. Kini, Iwan Bule -sapaan akrab Mochamad Iriawan- memastikan AFF telah menjawab surat protes tersebut. Dia menyatakan dugaan sepakbola gajah itu tidak terbukti adanya.

Ketum PSSI Pastikan Timnas  Indonesia Bertahan Bersama Federasi AFF

Meski begitu, Mochamad Iriawan menerima keputusan dari AFF. Komisi Disiplin (Komdis) AFF dan perwakilan AFC juga memutuskan bahwa pertandingan antara Timnas Vietnam U-19 dan Timnas Thailand U-19 dinyatakan fair play.

"Surat kita sudah dibalas dari AFF. Kita terima karena putusan di mereka, dan karana sesuai komdis, dari AFC juga ada di situ, dianggap permainan tak ada masalah," ungkap Iwan Bule, saat konferensi pers usai pertandingan antara Timnas Indonesia U-16 vs Timnas Vietnam U-16, dikutip Minggu (7/8/2022).

Oleh karena itu, Iwan Bule memastikan PSSI tetap akan menjadi anggota AFF. Terlebih, Indonesia berada di kawasan Asia Tenggara.

Kemudian, tentunya kita tetap saja (bertahan) di AFF, karena memang kita di kawasan ASEAN (Asia Tenggara)," jelas Mochamad Iriawan.

"Jadi, kita ganti saja (isunya), kita balas Vietnam dan Thailand seperti sekarang kita bisa menang (atas Vietnam U-16)," tegasnya.

Diketahui sebelumnya, Timnas Indonesia U-16 berhasil melaju ke semifinal usai mengalahkan Timnas Vietnam U-16 dengan skor 2-1 dalam laga terakhir fase Grup A Piala AFF U-16 2022. Pertandingan tersebut berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Sabtu 6 Agustus 2022 malam WIB.

Pada laga tersebut, skuad Garuda Asia -julukan Timnas Indonesia U-16- sebetulnya kebobolan lebih dulu di babak pertama. Timnas Vietnam U-16 berhasil mencuri gol melalui tendangan penalti Nguyen Cong Phuong (41').

Akan tetapi, Timnas Indonesia U-16 langsung gerak cepat dengan menyergap lini pertahanan The Golden Star Muda -julukan Timnas Vietnam U-16- pada awal babak kedua. Alhasil, Timnas Indonesia U-16 mampu membalikkan keadaan dengan cepat dalam waktu tiga menit lewat gol Arkhan Kaka Putra (51') dan Muhammad Nabil Asyura (54').


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER