Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Gaya hidup > Kebun Kumara Bangun Kepedulian Masyarakat Terhadap Alam Lewat Edukasi

Kebun Kumara Bangun Kepedulian Masyarakat Terhadap Alam Lewat Edukasi

Gaya hidup | Minggu, 3 Juli 2022 | 22:25 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Kebun Kumara Bangun Kepedulian Masyarakat Terhadap Alam Lewat Edukasi

Kebun Kumara Bangun Kepedulian Masyarakat Terhadap Alam Lewat Edukasi

Sediakan layanan edible landscaping diiringi kampanye berkelanjutan

Surabaya, Kabarindo- Kebun Kumara sebagai wirausaha sosial di Indonesia berfokus membangun kesadaran dan mendekatkan masyarakat kota dengan gaya hidup yang selaras dengan alam.

Untuk mencapai misi tersebut, wirausaha sosial yang berdiri pada Juli 2016 ini fokus pada dua hal, yaitu memberikan edukasi untuk anak dan dewasa, serta menyediakan layanan edible landscaping sembari terus menjalankan kampanye berkelanjutan.

Hal itu dilakukan Kebun Kumara dalam menyikapi permasalahan iklim yang semakin mengancam kelestarian bumi. Salah satu cara untuk menghadapi perubahan iklim adalah dengan memaksimalkan dan memperbaiki tata ruang kota yang berkelanjutan.

Melalui Undang-Undang Penataan Ruang, pemerintah Indonesia menetapkan proporsi pembangunan infrastruktur dengan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang ideal di wilayah perkotaan, yaitu paling sedikit terdiri dari 30% RTH. Jika DKI Jakarta memiliki luas sekitar 662 km², maka sekitar 198 km² seyogyanya merupakan kawasan RTH. Faktanya, saat ini DKI Jakarta memiliki sekitar 33,3 km² RTH atau baru 5,1% dari luas wilayah.

Co-Founder Kebun Kumara, Siti Soraya Cassandra, mengatakan Kebun Kumara ingin menjadi wadah untuk masyarakat kota belajar mengenai gaya hidup yang berkelanjutan dan selaras dengan alam agar mereka merasa berdaya dan memiliki peran dalam isu lingkungan.

“Aspirasi ini dapat diwujudkan dengan membangun kebiasaan sehari-hari, seperti merawat tanaman, mengkompos atau berkebun. Untuk itu, kami menyelenggarakan aneka pelatihan dan kegiatan yang diperuntukkan bagi anak-anak, dewasa, komunitas, sekolah dan perusahaan. Sejak 2016, kami sudah memberikan pelatihan ke lebih dari 5.000 peserta,” ujarnya.

Dalam mengedukasi masyarakat tentang tata ruang kota yang ideal, Kebun Kumara menghadirkan berbagai workshop seputar kegiatan berkebun, pemilahan sampah melalui teknik composting dan ecobrick, serta Nature Playschool atau kelas edukasi anak berbasis outdoor dan nature play. Selain itu, Kebun Kumara menyediakan bibit, gardening kit dan media tanam untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin belajar berkebun di rumah.

Kebun Kumara juga menghadirkan edible landscaping, jasa pembuatan kebun mulai dari desain hingga konstruksi sebagai bentuk pelayanan bagi masyarakat yang ingin memiliki kebun pangan pribadi di rumah.

Untuk menyuarakan misinya, Kebun Kumara secara konsisten menjalankan kampanye berkelanjutan dan berkolaborasi dengan berbagai wirausaha sosial lainnya, salah satunya dalam kampanye utamanya yang bertajuk No Pollution Resolution.

“Dalam empat tahun terakhir, kami telah berhasil menggarap 43 proyek lanskap kebun, dengan luas area 24,515m2 di kawasan perumahan atau area sekolah,” ujar Siti.

Upaya Kebun Kumara yang ingin mendekatkan masyarakat kembali dengan alam dan gaya hidup lestari, mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk Bank DBS Indonesia. Kedua pihak ini kerap berkolaborasi, salah satunya pada kampanye Kompos Kolektif yang membantu pengolahan sampah organik rumah tangga di Jakarta agar tidak berakhir di tempat pembuangan akhir (TPA). Pada 2019, Bank DBS Indonesia bersama Kebun Kumara dan wirausaha sosial Lindungi Hutan juga pernah mengisi sesi berkebun pada acara DBS Mass Volunteering di hutan kota Patriot Bekasi.

Head of Group Strategic Marketing & Communications Bank DBS Indonesia, Mona Monika, mengatakan.pihaknya melalui DBS Foundation berkomitmen untuk membantu perkembangan wirausaha sosial yang ingin menjawab permasalahan sosial di Indonesia, termasuk kelestarian lingkungan alam.

“Dalam mewujudkan salah satu pilar sustainability Bank DBS Indonesia yaitu Creating Social Impact, kami mendukung Kebun Kumara melalui berbagai program, dimulai dari sesi mentoring hingga kolaborasi nyata dalam kampanye Kompos Kolektif. Kami harap dukungan kami dapat berdampak positif dalam pertumbuhan Kebun Kumara,” ujarnya.

Bank DBS Indonesia memberikan wirausaha sosial akses ke sumber daya yang beragam, mulai dari menyediakan pelatihan keterampilan dan pengembangan kapasitas hingga membuka kesempatan untuk membangun jaringan dan peluang bisnis melalui berbagai program dan kanal.


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER