Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Hiburan > Ke Bromo, Simak 4 Tempat Terbaik untuk Melihat Matahari Terbit

Ke Bromo, Simak 4 Tempat Terbaik untuk Melihat Matahari Terbit

Hiburan
Oleh : Sebastian Renaldi

BAGIKAN :
Ke Bromo, Simak 4 Tempat Terbaik untuk Melihat Matahari Terbit

KABARINDO.com :  Para pecinta alam atau pun juga travelrs local, berburu keindahan alam gunung adalah suatu kenikmatan tersendiri.

 

Selain menikmati indahnya alam gunung, juga tidak ketinggal mencari tempat-tempat (spot) menarik yang menjadi sasaran untuk mengabadikan peristiwa terbitnya matahari atau pun terbenamnya matahari.

 

Satu diantaranya adalah berburu indahnya matahari terbit mengunjungi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

 

Dilansir dari Kompas.com, biasanya rekomendasi untuk melihat matahari terbit adalah dari Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Hal ini karena jaraknya paling dekat dengan kawah Gunung Bromo. Dari Pasuruan, setidaknya ada empat lokasi terbaik melihat matahari terbit atau sunrise.


Dari Kawasan Pelataran Bromo. Tempat ini sebagai Pos Jeep atau Jeep Point yang berada di Desa Ngadiwono, Kecamatan Tosari, berjarak 45 menit ke Puncak Penanjakan. Ada 4 tempat yang harus dilalui jika ingin menu

Yang pertama  Dingklik Pos pengamatan ini jadi tempat pertama yang dilalui jika melalui jalur Pasuruan. Lokasinya tidak begitu jauh dari gerbang Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), hanya sekitar empat menit perjalanan. Pada masa sebelum pandemi, lokasi ini ramai oleh orang berjualan. Tersedia parkir jeep di sisi-sisi jalannya. Bentuk tempat pengamatan untuk wisatawan hanya seperti teras di sisi tebing, sehingga tidak begitu luas untuk menampung wisatawan dalam jumlah banyak.

Kedua, Bukit Cinta, Bukit ini memiliki ketinggian 2.680 mdpl. Lokasi ini cukup populer karena namanya. Terdapat tembok besar bertuliskan Love Hill Bromo Tengger sebagai penanda sekaligus tempat berfoto. Dari Bukit Cinta ini, wisatawan bisa melihat Kaldera Tengger, yaitu Gunung Bromo, Gunung Kursi, Watangan, dan Gunung Widodaren.

 

Ketiga Bukit Kingkong, merupakan titik paling ramai dari mobil jeep sebelum sampai ke Puncak Penanjakan. Mengutip dari papan informasi, masyarakat Tengger menyebut bukit ini Kadaluh, dari bahasa Sansakerta yang artinya pengharapan akan kesuburan wilayah Tengger. Dari bukit ini pemandangan yang sama dari Bukit Cinta pun bisa kamu lihat. Lokasinya berbentuk tanah lapang di atas bukit yang dibatasai pagar-pagar beton.

Dan keempat Puncak Penanjakan,  merupakan puncak tertinggi untuk melihat matahari terbit ke arah Kaldera Tengger, salah satunya termasuk Gunung Bromo. Dari ketiga tempat lainnya, Pananjakan memiliki fasilitas yang terlengkap, mulai dari mushala, toilet, hingga kios-kios penjaja makanan. Wisatawan juga bisa membeli aneka perlengkapan anti dingin seperti jaket, syal, kupluk, dan sarung tangan. Lokasinya berupa tribun 10 tingkat yang berbentuk setengah lingkaran, tentunya menghadap timur.

 


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER