Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Olahraga > Kalah 1-5 dari Malaysia, Timnas Indonesia U-17 Gagal ke Piala Asia U-17 2023

Kalah 1-5 dari Malaysia, Timnas Indonesia U-17 Gagal ke Piala Asia U-17 2023

Olahraga | Senin, 10 Oktober 2022 | 05:11 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Kalah 1-5 dari Malaysia, Timnas Indonesia U-17 Gagal ke Piala Asia U-17 2023

KABARINDO, BOGOR - Tim.Nasional (Timnas) Indonesia resmi gagal lolos ke Piala Asia U-17 2023. Kepastian itu didapatkan setelah Garuda Muda finis di peringkat ketujuh dalam klasemen runner-up terbaik.

Timnas Indonesia U-17 melakoni laga terakhir Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 dengan kepercayaan diri tinggi untuk mengunci status juara grup. Namun, Arkhan Kaka dan kolega malah takluk dengan skor 1-5 dari Malaysia di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu 9 Oktober 2022 malam WIB.

Kekalahan itu memangkas drastis peluang skuad asuhan Bima Sakti untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023. Sebab, catatan Indonesia menjadi minor dalam klasemen runner-up terbaik akibat kekalahan telak.

Ya, meskipun sukses menang di tiga laga sebelumnya, kekalahan 1-5 dari Malaysia sangat berpengaruh dalam penghitungan akhir klasemen akhir runner-up terbaik. Sebab, hanya dua dari empat laga yang dimainkan oleh Timnas Indonesia U-17 di babak grup ini yang benar-benar dihitung menurut peraturan.

Karena pembagian grup yang tidak merata, dengan adanya beberapa grup berisi lima tim, empat tim, dan juga tiga tim, maka klasemen runner-up hanya menghitung hasil di tiga besar klasemen akhir masing-masing grup. Dengan demikian, maka kemenangan Indonesia atas Guam (14-0) dan Palestina (2-0) menjadi tidak berarti.

Indonesia hanya menang 3-2 atas Uni Emirat Arab (UEA), itu berarti mereka hanya bermodalkan keunggulan selisih gol +1 sebelum laga kontra Malaysia. Namun, kekalahan 1-5 menjadikan selisih gol Indonesia minus tiga (-3).

Hanya laga-laga kontra UEA dan Malaysia yang dihitung dalam klasemen akhir runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Dengan demikian, Timnas Indonesia U-17 pun finis di peringkat ketujuh runner up terbaik.

Harapan skuad asuhan Bima Sakti sudah berada di ujung tanduk sejak kekalahan dari Malaysia. Tepat setelah laga berakhir, Indonesia berada di peringkat keenam klasemen sementara runner-up terbaik.

Kemudian, kabar buruk silih berganti datang, dengan kemenangan 2-1 Laos atas Kirgistan dan 2-0 untuk Tajikistan kontra Afghanistan, maka Indonesia terlempar dari enam besar. Garuda Muda berada di urutan ketujuh setelah kedua hasil pertandingan tersebut.

Pada saat itu, Timnas Indonesia U-17 belum sepenuhnya dicoret dari klasemen runner-up terbaik. Namun, mereka perlu berharap agar India dikalahkan dengan skor 0-7 oleh Arab Saudi untuk bisa naik lagi ke enam besar. Sesuatu yang sangat sulit terwujud.

Pada akhirnya, India memang kalah namun dengan skor 1-2 dan tetap lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023 selagi Indonesia harus puas finis di peringkat ketujuh. Kini, dengan semua pertandingan di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 telah dimainkan, Indonesia dipastikan gagal lolos ke putaran final.

Foto: PSSI


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER