Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Berita Utama > Jokowi Resmikan Bendungan Way Sekampung

Jokowi Resmikan Bendungan Way Sekampung

Berita Utama | Kamis, 2 September 2021 | 22:10 WIB
Oleh : Sebastian Renaldi

BAGIKAN :
Jokowi Resmikan Bendungan Way Sekampung

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Bendungan Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu, Lampung, Kamis, 2 September 2021. Bendungan ini dibangun selama lima tahun sejak 2016 dengan biaya Rp 1,78 triliun.

Bendungan ini memiliki kapasitas tampung 68 juta meter kubik dengan luas genangan 800 hektare. "Bendungan ini multifungsi, bisa untuk irigasi,
menyediakan air baku, juga untuk pembangkit listrik serta pengendalian banjir," ujar Jokowi seperti disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis, 2 September 2021.

Jokowi menyatakan bendungan ini mampu mengairi 55.000 hektare daerah irigasi yang sudah ada dan 17.500 hektare daerah irigasi baru. Bendungan Way Sekampung diharapkan dapat menyediakan air baku sebanyak 2.737 liter per detik, menjadi sumber pembangkit listrik 5,4 megawatt serta mampu mereduksi banjir dengan persentase sebanyak 8,85 persen.

Bendungan ini terintegrasi dari Bendungan Batutegi lalu mengalir ke Bendung Agroguruh, hingga ke Bendungan Margatiga yang juga terkoneksi dengan beberapa sungai seperti Way Merabung, Way Bulak. 

"Dengan adanya bendungan ini, intensitas tanam juga bisa ditingkatkan dari semula dua kali setahun menjadi tiga kali setahun. Artinya, produksi dipastikan meningkat dan kesejahteraan petani juga akan meningkat. Ini harapan kita," ujar Jokowi.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER