Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Gaya hidup > JF3 Fashion Festival 2022: Dukung Industri Mode Tanah Air Melalui Pelestarian Budaya dan Gerakan Berkelanjutan

JF3 Fashion Festival 2022: Dukung Industri Mode Tanah Air Melalui Pelestarian Budaya dan Gerakan Berkelanjutan

Gaya hidup | Sabtu, 10 September 2022 | 06:05 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
JF3 Fashion Festival 2022:  Dukung Industri Mode Tanah Air Melalui Pelestarian Budaya dan Gerakan Berkelanjutan

KABARINDO, JAKARTA - JF3 (baca: je ef tri) fashion festival, salah satu festival mode terbesar di Indonesia bekerjasama dengan Pemerintah DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta dan Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif Republik Indonesia kembali hadir pada tanggal 1 – 11 September 2022 di Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta.

Dalam penyelenggaraan tahun ini, JF3 mengusung tagar #CulturalDiversity, sebagai dukungan terhadap keragaman budaya di Indonesia. 

“Dengan semakin terkendalinya pandemi, maka dengan sangat bersyukur kami dapat kembali menghadirkan rangkaian acara JF3 secara offline. Tahun ini kami mengangkat dua tema penting yaitu sustainability, sebagai ajakan untuk memulai  gerakan fashion yang bertanggung jawab secara sosial dan terhadap lingkungan untuk mendukung kelangsungan hidup. Selain itu tema penting lainnya yang kami hadirkan tahun ini adalah budaya, hal ini diwujudkan dengan menghadirkan desainer, brand, dan UMKM berbasis mode yang memiliki visi untuk mengangkat budaya dalam karya mereka, baik di atas runway JF3 maupun dalam pameran fashion village”, demikian ujar Chairman JF3, Soegianto Nagaria.
 
FASHION FESTIVAL

Fashion Festival menghadirkan rangkaian fashion show yang menampilkan ragam karya desainer dan brand terkemuka di Indonesia pada tanggal 1-6 September 2022. Bertempat di JF3 Fashion Tent, La Piazza Summarecon Kelapa Gading, Jakarta. Sebuah fasilitas yang khusus dibangun untuk menghadirkan runway yang dilengkapi teknologi terkini sehingga akan menghasilkan pengalaman terbaik baik bagi pelaku presentasi mode maupun penonton. Dilengkapi dengan tata lampu, runway, dan fasilitas pendukung yang memenuhi standar panggung mode dunia untuk dapat benar-benar mengangkat detail keindahan koleksi yang akan dipresentasikan.

JF3 Fashion Festival 2022:  Dukung Industri Mode Tanah Air Melalui Pelestarian Budaya dan Gerakan Berkelanjutan

Rangkaian fashion show akan dibuka dengan pemberian apresiasi kepada 3 tokoh yang dinilai telah memberikan kontribusi penting terhadap industri mode tanah air, masing-masing adalah Fashion Desainer, Fashion Support dan Fashion Icon. Acara kemudian dilanjutkan dengan pagelaran bertajuk “TAMRA NUSANTARA”, sebuah presentasi ragam aksesori dan perhiasan yang terinspirasi budaya nusantara, hasil kolaborasi istimewa, dari The Palace dan Samuel Wattimena.

Dalam 6 hari penyelenggaraan fashion festival, parade karya pelaku mode juga akan dilakukan oleh brand dan desainer terkemuka antara lain Tities Sapoetra, Wilsen Willim, Didi Budiardjo, Danny Satriadi, Ivan Gunawan, Mel Ahyar, juga kolaborasi 60 brand lokal dari LAKON Store, Danjyo Hiyoji serta beberapa institusi fashion Indonesia seperti Dekranasda Nusa Tenggara Timur, APPMI, IPMI dan Cita Tenun Indonesia. 

Sebagai puncak acara, rangkaian Fashion Show akan ditutup dengan kolaborasi antara LAKON Indonesia dengan seniman; ‘maestro’ batik Indonesia; CAHYO dari Pekalongan, Jawa Tengah, bertajuk ‘LORONG WAKTU’, pada tanggal 6 September 2022. Presentasi LAKON Indonesia selalu menghadirkan sesuatu yang berbeda. Misinya untuk melestarikan Budaya Indonesia dituangkan dalam presentasi yang sangat modern. Hasil karya tangan-tangan pengrajin tradisional ditambah dengan keluwesan dan teknik pewarnaan Cahyo yang istimewa akan menghadirkan suatu pentas yang sangat ditunggu-tunggu oleh para penikmat mode tanah air. 

JF3 MODEL SEARCH & PINTU INCUBATOR

Regenerasi dan pencarian bakat baru pelaku mode kembali dilakukan melalui kegiatan JF3 Model Search. Audisi kali ini dilakukan di tiga kota, yaitu Medan, Surabaya dan Jakarta dan berhasil diikuti dengan antusias, sehingga mendapatkan talenta baru yang potensial untuk ikut membangun industri mode tanah air di masa depan.

JF3 Fashion Festival 2022:  Dukung Industri Mode Tanah Air Melalui Pelestarian Budaya dan Gerakan Berkelanjutan

JF3 pada tahun ini juga menghadirkan program baru yaitu PINTU Incubator, sebuah hasil kolaborasi bersama LAKON Indonesia dan Kedutaan Besar Perancis yang terjalin melalui Institut Francais d’Indonesie (IFI), untuk mendorong perkembangan brand lokal Indonesia dalam program inkubasi yang terdiri dari serangkaian kegiatan mentorship yang terintegrasi dengan panggung JF3. Setelah melalui program mentoring dan kurasi, presentasi koleksi dari 7 brand hasil kurasi PINTU Incubator akan dilakukan pada 3 September 2022 di runway JF3 Fashion Festival.

FASHION VILLAGE

Eksibisi UMKM, brand lokal dan pelaku mode akan berlangsung dalam Fashion Village, bertempat di Summarecon Mall Kelapa Gading 3, menghadirkan ragam produk bernafaskan budaya yang telah terkurasi, serta wastra nusantara seperti kain batik dan tenun. Berlangsung pada tanggal 1-11 September 2022, Fashion Village yang diikuti oleh 51 tenant ini juga dilengkapi dengan berbagai instalasi yang memberikan informasi pentingnya fesyen berkelanjutan. Selain itu, gerakan sustainability ini juga secara aktif akan diikuti dan diterapkan oleh seluruh peserta eksibisi. 

JF3 Fashion Festival 2022:  Dukung Industri Mode Tanah Air Melalui Pelestarian Budaya dan Gerakan Berkelanjutan

Seluruh rangkaian acara JF3 tetap mengutamakan protokol kesehatan, salah satunya wajib menggunakan masker dan tetap menggunakan aplikasi Peduli Lindungi sebagai syarat utama untuk masuk ke area Summarecon Mall Kelapa Gading. Foto: Dok. JF3


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER