Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Olahraga > Jelang Maybank Marathon, Simak Persiapan Sebelum Berlomba dengan Pelari Maraton Elite Internasional

Jelang Maybank Marathon, Simak Persiapan Sebelum Berlomba dengan Pelari Maraton Elite Internasional

Olahraga | Jumat, 9 Juni 2023 | 05:51 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Jelang Maybank Marathon, Simak Persiapan Sebelum Berlomba dengan Pelari Maraton Elite Internasional

KABARINDO, JAKARTA - PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) kini kembali hadir dengan Maybank Marathon 2023 yang akan digelar pada tanggal 27 Agustus mendatang di Bali Safari & Marine Park, Gianyar, Bali. Berbeda dengan ajang lari maraton serupa di tanah air, Maybank Marathon merupakan satu-satunya pemegang predikat ‘Elite Label Road Race’ dari World Athletics yang memiliki standar keselamatan, keamanan, dan layanan berskala internasional.

Tak heran jika di tahun ke-12 penyelenggaraannya, Maybank Marathon dikenal luas sebagai ajang atletik bergengsi yang diikuti oleh banyak penggemar olahraga di dunia. Antusiasme masyarakat begitu tinggi, bahkan kini tiket untuk semua kategori telah terjual habis. Yang menjadikan Maybank Marathon juga semakin spesial, seluruh peserta akan dimanjakan dengan sentuhan keindahan Bali yang khas berupa pesona alam dan ragam budaya yang ikut ditampilkan. Melalui Maybank Marathon 2023, para peserta dari tanah air juga akan bersaing dengan pelari maraton internasional di rute perjalanan yang menantang dan berjuang bersama untuk menorehkan prestasi dengan meraih catatan waktu terbaik. 

Seperti kompetisi olahraga pada umumnya, kunci kesuksesan ajang lari maraton juga terletak pada persiapan yang matang. Seluruh aspek harus diperhatikan secara khusus agar pelari dapat menyelesaikan jarak tempuh yang cukup jauh nantinya. Namun, latihan fisik bukanlah satu-satunya persiapan yang harus dilakukan. Rikki Simbolon, pemenang Maybank Marathon 2022 untuk kategori Nasional Pria mengatakan, “Lari maraton merupakan perjalanan panjang yang membutuhkan stamina tinggi. Peserta harus menyusun jadwal latihan yang konsisten agar tubuh terbiasa untuk berlari dalam jarak jauh. Tak ada cara yang instan, karena ketahanan dan kekuatan fisik hanya dapat dibangun dengan latihan yang rutin. Apalagi untuk mereka yang bekerja, harus lebih pintar dalam mengatur waktu antara pekerjaan dan latihan, sehingga tidak mengganggu satu sama lain.” 

Lebih jauh lagi mengenai persiapan Maybank Marathon 2023, Rikki juga menjelaskan pentingnya menjaga kondisi mental menjelang kompetisi. Tak hanya melatih fisik, para peserta harus menyiapkan strategi untuk mengatur mental agar dapat mengatasi masa-masa kritis saat berlomba. “Terkadang di tengah rute lari jarak jauh pasti kita akan merasa sangat lelah, tapi yang paling penting adalah bagaimana mengatur dan mengolah perasaan lelah tersebut agar tidak menghalangi kita memberikan kemampuan yang terbaik. Percaya bahwa dengan mental yang kuat akan mendorong tubuh kita menjadi lebih kuat lagi. Tetap berpikir positif dan terus pompa semangat untuk sukses hingga mencapai garis akhir.”

Untuk mendukung persiapan para peserta lari Maybank Marathon 2023, Maybank Indonesia juga menggelar program pelatihan Road to Maybank Marathon yang berlangsung selama empat-belas minggu sejak 14 Mei sampai 13 Agustus 2023, menjelang perhelatan lomba lari Maybank Marathon 2023. Selain di Jakarta, kegiatan Road to Maybank Marathon juga dilaksanakan secara serentak dan intensif di kota-kota besar di Indonesia, yakni di Medan, Bandung, Surabaya, Makassar dan Denpasar dengan melibatkan komunitas lari di kota-kota tersebut.

Adapun rangkaian pelatihan dan edukasi tersebut meliputi program latihan lari, mulai dari sesi lari pemanasan hingga lari dalam jarak jauh (long run), strength training, running clinic, pengaturan asupan nutrisi dan waktu istirahat. Rangkaian ini juga melibatkan pelatih lari (coach) yang berpengalaman di bidang sport recovery & mobility. 

Selain itu, persiapan yang juga perlu dilakukan sejak awal adalah perencanaan keuangan yang diperlukan untuk berpartisipasi dalam Maybank Marathon. Saat memutuskan untuk berpartisipasi dalam ajang lari maraton, mulailah menyusun rincian keuangan yang diperlukan dari setiap rangkaian kegiatan, seperti biaya registrasi, transportasi, penginapan, akomodasi, hingga hidup sehari-hari. Jangan lupa memasukkan biaya perawatan yang diperlukan pasca lomba atau biaya tak terduga lain jika dihadapkan pada kondisi yang tak diinginkan. Pastikan juga Anda telah melakukan penelusuran terhadap berbagai variasi transportasi dan akomodasi untuk menemukan harga yang sesuai. Terakhir, bagi Anda yang tidak pergi seorang diri, tinggal bersama rekan sesama pelari juga bisa dijadikan alternatif untuk meminimalisir pengeluaran. 

“Seluruh persiapan tentu memegang peranan yang sangat penting. Mulai dari membangun stamina lewat latihan fisik hingga kondisi mental yang prima. Namun yang juga tak kalah penting, kami berharap seluruh peserta Maybank Marathon 2023 dapat benar-benar menikmati perjalanan lari maraton bersama kami dan menyiapkan diri semaksimal mungkin. Mari kita berlomba secara sehat dalam semangat kebersamaan untuk meraih personal best,” ujar Widya Permana, Project Director Maybank Marathon.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER