Jantung Sehat; dengan Nutrisi Seimbang, Olahraga dan Istirahat Cukup

Jantung Sehat; dengan Nutrisi Seimbang, Olahraga dan Istirahat Cukup

Jantung Sehat; dengan Nutrisi Seimbang, Olahraga dan Istirahat Cukup

Hindari makanan yang digoreng dan berlemak, olahraga minimal 150 menit per minggu

Surabaya, Kabarindo- Indonesia memiliki kuliner yang terkenal dapat menggoyang lidah dengan cita rasa spesial dan unik. Hal ini membuat beragam makanan khas Nusantara digemari masyarakat lokal maupun wisatawan asing.

Namun jika ditelusuri dari sisi nutrisinya, banyak makanan lokal yang mengandung kolesterol tinggi. Makanan dengan kandungan yang kurang baik tersebut bisa mengakibatkan peningkatan berat badan serta potensi serangan jantung dan stroke. Data World Health Organization (WHO) menyebutkan, penyakit jantung merupakan penyebab kematian tertinggi di Indonesia yaitu 151 kasus per 100 ribu orang.

Rachel Olsen, pakar nutrisi dari YOUVIT vitamin gummy, mengatakan cara menjaga jantung sebenarnya cukup sederhana. Pertama, yang perlu diperhatikan adalah intensitas berolahraga dalam seminggu. Idealnya berolahraga minimal 150 menit per minggu dapat membantu metabolisme tubuh agar optimal untuk menghindari penumpukan lemak maupun kalori dalam tubuh.

“Istirahat yang cukup juga dapat membantu untuk menyeimbangkan metabolisme tubuh. Jika metabolisme optimal, dapat mengurangi resiko penyumbatan pembuluh darah oleh lemak yang menyebabkan penyakit jantung,” ujarnya.

Rachel menambahkan, hal lain yang cukup berpengaruh terhadap kesehatan jantung adalah asupan nutrisi seimbang. Makanan yang kita konsumsi setiap hari berperan penting. Hindari makanan yang digoreng dan berlemak. Sebaiknya konsumsi lebih banyak biji-bijian, sayuran dan buah-buahan, karena mengandung serat yang tinggi, lemak baik dan antioksidan yang bagus untuk mengeluarkan kolesterol maupun lemak jahat dalam pembuluh darah.

Agar nutrisi kita tetap seimbang tiap harinya, kita memerlukan asupan vitamln dan mineral yang memadai. Rachel menganjurkan untuk mengonsumsi multi-vitamin seperti YOUVIT untuk memenuhi kebutuhan ini.

Penulis: Natalia Trijaji