Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Gaya hidup > Ini Sajian Menu Makanan Tahun Baru di 6 Negara

Ini Sajian Menu Makanan Tahun Baru di 6 Negara

Gaya hidup | Jumat, 31 Desember 2021 | 11:27 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Ini Sajian Menu Makanan Tahun Baru di 6 Negara

KABARINDO, JAKARTA - Perayaan tahun baru menjadi kesempatan makan bersama keluarga dan menikmati berbagai menu favorit. Seringkali, menu makanan yang dihadirkan saat tahun baru memiliki makna tersendiri. Makanan tersebut tak hanya lezat namun juga istimewa karena menjadi perlambang doa baik untuk orang yang menyantapnya. Kebiasaan ini tidak hanya berlangsung di Indonesia namun di banyak negara lain di penjuru dunia.

Secara umum, maknanya senada yakni harapan untuk kebahagiaan dan kemakmuran seiring dengan pergantian tahun. Namun secara spesifik, berbagai menu tahun baru di banyak negara di dunia punya pesan yang berbeda-beda.

Jepang

Sejak abad ke-13, masyarakat Jepang makan semangkuk mie soba panas di malam tahun baru. Menu tersebut memiliki banyak simbolisme, termasuk dapat meningkatkan kekuatan dan ketahanan tubuh. Menyeruput mie soba juga dipercaya dapat membawa kehidupan yang memuaskan di tahun baru.

Italia

Orang Italia sering mengadakan pesta meriah di malam tahun baru dengan menu yang lezat dan berlimpah.

Namun menu tradisional yang wajib ada yakni lentil yang sejenis kacang-kacangan, daging babi dan roti goreng yang ditaburi gula atau muda. Berbagai makanan tersebut dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan dan kemakmuran seiring dengan pergantian tahun.

Spanyol

 Orang Spanyol akan makan makan 12 butir buah anggur tepat di tengah malam pergantian tahun baru. Sejak tahun 1800an, mereka akan menghentikan berbagai aktivitas yang sedang dilakukan untuk makan buah tersebut. Masyarakat Spanyol percaya, keberuntungan selama 12 bulan mendatang akan menyertai jika mereka bisa menghabiskan semua anggur tersebut.

Brazil

 Anggur juga menjadi makanan tradisonal tahun baru di Brazil namun dalam jumlah yang berbeda. Masyarakat negeri sepak bola itu makan tujuh buah anggur yang melambangkan kelimpahan dan tujuh biji delima mewakili kemakmuran.


Nigeria

Lentil juga menjadi menu wajib tahun baru di Nigeria. Alasannya, kacang ini dianggap mirip koin sehingga dipercaya mendatangkan kemakmuran.
Di sisi lain, orang Nigeria menikmati menu makanan yang mengandung daging unggas di parayaan tahun baru. Mereka percaya sumber protein tersebut dapat membuat kita miskin dan melarat di tahun berikutnya.

Belanda

Belanda juga punya makanan tradisional yang wajib dinikmati saat perayaan tahun baru. Makanan yang dimaksud adalah oliebollen, sejenis roti goreng dengan cita rasa manis. Camilan tersebut ditaburi dengan gula halus dan kismis yang membuatnya semakin legit ketika digigit. Foto : pixels

 


 

 


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER