Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Olahraga > Ini Jawaban Berkelas Shin Tae-yong Agar Timnas Indonesia Sukses

Ini Jawaban Berkelas Shin Tae-yong Agar Timnas Indonesia Sukses

Olahraga | Senin, 13 Juni 2022 | 06:10 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Ini Jawaban Berkelas Shin Tae-yong Agar Timnas Indonesia Sukses

KABARINDO, JAKARTA - Pelatih kepala Tim Nasional (Timnas) Indonesia  Shin Tae-yong dalam menangani Timnas Indonesia  belakangan ini kerap menjadi sorotan tajam. Bahkan, Shin Tae-yong pernah dituntut mundur oleh fans. Mendapati hal ini, Shin Tae-yong justru memberi jawaban berkelas.

Shin Tae-yong diketahui sudah menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia sejak Desember 2019. Pelatih asal Korea Selatan itu tak hanya bertanggung jawab atau menangani skuad senior, namun juga kelompok usia lain, yakni Timnas Indonesia U-23 dan Timnas Indonesia U-19.

Target awal Shin Tae-yong sendiri adalah memimpin skuad Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2021. Namun, ajang itu batal digelar karena pandemi Covid-19. Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2023.

Selama menangani Timnas Indonesia di berbagai kelompok usia, Shin Tae-yong memberi hasil yang beragam. Di Piala AFF 2020, Timnas Indonesia menyabet status runner-up. Sementara itu, di SEA Games 2021, Timnas Indonesia U-23 meraih medali perunggu.

Mendapati kiprah Shin Tae-yong yang belum bisa memberi Indonesia gelar juara, ada sejumlah kritikan yang bermunculan. Bahkan, beberapa fans berharap Shin Tae-yong mundur dari jabatannya sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Mendengar seruan ini, Shin Tae-yong pun bereaksi. Alih-alih kesal atau geram, eks pelatih Timnas Korea Selatan itu justru memberi jawaban berkelas. Hal itu disampaikan Shin Tae-yong pada awal bulan ini.

Shin Tae-yong mengatakan bahwa meraih kesuksesan dibutuhkan waktu. Karena itu, ia meminta fans untuk bersabar dan mendukung terus Timnas Indonesia.

“Jangan berpikir mengganti pelatih baru merupakan cara mencapai kesuksesan. Ada banyak faktor yang memengaruhi keberhasilan sebuah tim,” kata Shin Tae-yong saat hadir di podcast media asal Vietnam, Zing News.

Saya memilih mengandalkan peman muda dan membentuk mereka seperti yang saya inginkan. Tentu saja tidak mudah dan tidak bisa langsung memberikan hasil, mengingat metode saya membutuhkan waktu,” lanjutnya.

“Namun, saya percaya arahnya sudah benar. Lebih baik memilih jalan lambat menuju pembangunan berkelanjutan, ketimbang mencapai kesuksesan tapi tak bertahan lama. Keputusan (mengandalkan pemain muda) penuh risiko. Namun, saya berhasil mengubah mereka menjadi lebih baik. Saya yakin, mereka akan membawa masa depan yang cerah bagi sepakbola Indonesia,” jelas Shin Tae-yong.

Kini, Shin Tae-yong sendiri sedang fokus mendampingi Timnas Indonesia berlaga di Kualifikasi Piala Asia 2023. Hasilnya, Timnas Indonesia sudah meraih satu kemenangan yang mengejutkan karena diraih kala melawan Kuwait.

Namun, skuad Garuda -julukan Timnas Indonesia- kalah kala melawan Yordania semalam. Kini, masih ada satu laga lagi yang akan dilakoni Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023, yakni melawan Nepal. Foto : PSSI


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER