Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Iptek > Ini Cara Mulai Belajar Grammar Biar Caption Bahasa Inggrismu Makin Keren!

Ini Cara Mulai Belajar Grammar Biar Caption Bahasa Inggrismu Makin Keren!

Iptek | Minggu, 13 Maret 2022 | 05:54 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Ini Cara Mulai Belajar Grammar Biar Caption Bahasa Inggrismu Makin Keren!

KABARINDO, JAKARTA  - Baru-baru ini, media sosial dihebohkan salah satu influencer yang salah menggunakan grammar Bahasa Inggris dalam caption Instagramnya. Banyak netizen mengomentari dan mengoreksi caption tersebut, sehingga topik menguasai grammar menjadi hangat diperbincangkan. Sebetulnya, seberapa penting sih penggunaan grammar?

 

Grammar merupakan tata bahasa yang digunakan dalam Bahasa Inggris. Sama halnya dengan Bahasa Indonesia, tentunya peran grammar penting agar Bahasa Inggris yang dibuat dan diucapkan menjadi lebih tepat, rapi, dan terstruktur untuk dimengerti. 

 

Banyak yang beranggapan grammar merupakan hal menyulitkan dalam belajar Bahasa Inggris. Padahal, jika dipelajari secara terus menerus dan melalui sumber yang tepat, belajar grammar akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Untuk itu, bagi kamu yang ingin memulai belajar grammar, bisa ikuti tips-tips di bawah ini, ya!

 
  1. Tetapkan mindset bahwa grammar itu mudah

Sebagian besar orang yang enggan memulai belajar grammar karena menganggap bahwa grammar itu menakutkan. Hal ini membuat orang mudah menyerah dari awal untuk belajar grammar. Padahal, mempelajari grammar merupakan modal awal untuk bisa lancar berbahasa Inggris. Asal konsisten dan berlatih terus-menerus melalui sumber dan platform yang tepat, pada akhirnya belajar grammar akan menjadi mudah. 

 
  1. Mulai dari paling dasar lalu belajar secara bertahap

Para pemula tidak diwajibkan untuk menguasai semua tata bahasa atau grammar. Hanya perlu menguasai aturan-aturan yang paling mendasar saja, yang terpenting adalah mengetahui cara menggunakannya dalam konteks atau situasi yang tepat.

Sering kali, banyak orang yang hafal dengan formula ‘tenses’, namun tidak tahu bagaimana cara menggunakannya dengan tepat. Sebagai contoh:

  • The Simple Present: Digunakan untuk menceritakan kebiasaan atau aktivitas rutin

  • The Present Continuous: Digunakan untuk menceritakan aktivitas yang sedang terjadi atau sedang dilakukan

  • The Past Simple: Digunakan untuk aktivitas yang dilakukan pada masa lampau

Setelah aturan- aturan dasar dikuasai, maka bisa dilanjutkan dengan mempelajari tata bahasa yang lebih kompleks. 

 
  1. Perbanyak cari referensi Bahasa Inggris dari buku, film, lagu, dan artikel berita

Ubah kebiasaan sehari-harimu dengan lebih banyak menggunakan referensi berbahasa Inggris. Seperti, perbanyak menonton film dengan subtitle Bahasa Inggris dan mendengarkan lagu berbahasa Inggris. Contoh lain, membaca buku Bahasa Inggris dan artikel yang sesuai dengan minat kalian. Kalian tidak harus membaca buku atau artikel akademik yang sulit dicerna, namun mulailah dengan bacaan yang mudah dan sesuai dengan minat kalian. Membaca sangat membantu kamu dalam melihat pola dan tata bahasa.

Selain itu, kata-kata baru yang kamu temukan di tulisan tersebut juga dapat memperkaya kosakata Bahasa Inggrismu. Kamu bisa mulai dengan 30 menit dalam sehari mencoba membaca buku atau artikel yang berbahasa Inggris. 

 
  1. Selalu sediakan kamus dan pelajari kata-kata baru

Kamus memang sudah menjadi syarat mutlak ketika kamu belajar Bahasa Inggris, terutama ketika kamu belajar grammar. Kata-kata Bahasa Inggris sendiri sangat kompleks yang mana kamu harus paham jenis- jenis kata atau yang dalam bahasa Inggris disebut part of speech; misalnya kata benda, kata kerja, kata sifat, kata keterangan, kata pengganti, dsb. Dengan menguasai jenis- jenis kata, kita akan bisa membuat kalimat dengan tepat, dan kita bisa terhindar dari kesalahan dasar atau yang disebut ‘common mistakes’. 

Mengapa kamus sangat penting? Karena kamus memberikan contoh bagaimana menggunakan suatu kata dalam kalimat dan dalam konteks yang benar. Pelajari kata-kata baru ini dan aplikasikan ke latihan grammar-mu, ya. 

 
  1. Belajar langsung dengan guru yang kompeten

Belajar grammar akan menjadi lebih optimal jika didampingi oleh guru yang kompeten. Keberadaan guru dapat membantumu dalam mengarahkan jika kamu merasa tidak tahu mana jawaban yang benar. Biasanya, guru akan memberikan materi yang lebih terstruktur sesuai dengan kurikulum. 

Tidak perlu bertemu langsung, saat ini beberapa platform online menyediakan guru Bahasa Inggris yang dapat mengajarimu secara online dan interaktif. Cakap sebagai salah satu platform online terbesar untuk belajar Bahasa Inggris memiliki guru Bahasa Inggris bersertifikasi. Guru-guru di Cakap juga berkompeten karena telah memiliki pengalaman mengajar Bahasa Inggris lebih dari 5 tahun, terutama bagi pemula yang ingin belajar seperti grammar, speaking, dan sebagainya. Belajar di Cakap dapat dilakukan secara interaktif dan para pengajar telah menyusun kurikulum sesuai dengan kebutuhan dari muridnya demi memberikan pengalaman belajar yang menarik dan terbaik. Informasi lebih lanjut mengenai kelas Bahasa Inggris di Cakap dapat dilihat melalui www.cakap.com!

 
  1. Masih sering salah grammar di Media Sosial? Jangan menyerah, terus latihan ya!

Sebenarnya, dengan berani mencoba menulis Bahasa Inggris di media sosial merupakan langkah awal untuk kamu terus berlatih. Kalau kamu masih mendapati komentar teman yang mengoreksi grammar-mu, jangan diambil hati, ya! Justru komentar ini bisa berguna buat kamu untuk memperbaiki skill grammar-mu yang masih kurang. 

Untuk menguasai Bahasa Inggris secara keseluruhan, termasuk grammar, perlu latihan terus menerus untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Belajarlah bersama guru dan ajak temanmu untuk mengoreksi Bahasa Inggrismu. Kalau kamu masih merasa sendiri, kamu bisa dapat teman virtual saat belajar Bahasa Inggris dengan Cakap Club. Di sini kamu bisa belajar bersama teman baru dan ketemu langsung secara virtual dengan guru profesional, membahas berbagai topik menarik dan seru, termasuk grammar. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Cakap Club, kamu bisa instal aplikasi Cakap di App Store atau Play Store dalam gadget-mu, ya! Selamat belajar!


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER