Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Iptek > Ini 10 Cara Mempercepat Laptop Windows yang Lemot, Agar Kinerjanya Kembali Prima

Ini 10 Cara Mempercepat Laptop Windows yang Lemot, Agar Kinerjanya Kembali Prima

Iptek | Sabtu, 5 Februari 2022 | 09:41 WIB
Oleh : Orie Buchori

BAGIKAN :
Ini 10 Cara Mempercepat Laptop Windows yang Lemot, Agar Kinerjanya Kembali Prima

KABARINDO, JAKARTA – Cara mempercepat laptop Windows yang lemot sangatlah beragam. Tidak bisa dipungkiri, terkadang pengguna laptop edisi lama mengeluh kecepatan perangkatnya semakin berkurang.

Dilansir dari Okezon yang diolah dari Techpp, laptop yang lelet tentunya sangat mengganggu kinerja dan kenyamanan pengguna. Guna mengatasinya, setidaknya ada 10 cara sebagai solusinya.

Berikut 10 cara mempercepat laptop Windows yang lemot, agar kinerjanya kembali prima:

1. Bersihkan Laptop

Kotoran debu atau partikel-partikel kecil bisa dengan mudah masuk ke dalam laptop, dan bikin cepat panas. Pengguna harus secara rutin membersihkan sela-sela laptop dengan sikat gigi bekas dan tisu yang bisa digunakan untuk menghilangkan debu.

Membersihkan bagian laptop dari debu, bukan hanya di permukaan keyboard dan layarnya saja, namun pengguna juga perlu membuka laptop dari belakang dan membersihan bagian dalam laptop dari debu.

Dengan membersihkan debu di bagian dapur pacu laptop, laptop bisa terhidar dari kerusakan chipset dan overheating yang berlebihan.

2. Dinginkan Laptop

Penggunaan Cooling Pad atau kipas eksternal laptop memang sangat dianjurkan. Selain tetap mendinginkan laptop, kipas eksternal ini bisa memperlancar arus udara yang masuk ke laptop.

Selain penggunaan kipas eksternal, sebaiknya hindari penggunaan laptop di kasur atau segala tempat yang dapat menyerap panas. Hal itu akan membuat laptop overheat dan bisa berakibat fatal pada CPU dan Chipset laptop.

3. Install OS Terbaru

Menginstall OS baru, terutama Windows, dapat memperbaiki sistem kerja laptop dengan baik. OS baru kerap membawa pembaruan sistem sehingga performa laptop juga bisa meningkat.

4. Defragment Harddisk

Melakukan defrag harddisk secara teratur membuat harddisk bekerja dengan baik. Data-data bisa terkumpul dengan rapi. Selain itu mendefrag HDD juga dapat memperlancar sistem kerja si laptop.

5. Bersihkan HDD

Periksa kembali segala aplikasi laptop yang terinstall. Dengan memeriksa apliksi di HDD, pengguna akan melihat aplikasi yang sekiranya sudah tidak digunakan lagi dan bisa di-uninstall. Jadi dengan kata lain, meminimalkan aplikasi yang hanya sering atau benar-benar dibutuhkan saja.

6. Hindari Penggunaan Animasi Berlebihan

Tampilan laptop memang menjadi jauh lebih menarik dengan menggunakan tampilan animasi, namun itu juga memperlambat kerja laptop.

Apabila spesifikasi laptop pengguna terbilang kentang, disarankan untuk menggunakan tema simple dan biasa dengan wallpaper hitam polos untuk memaksimalkan kinerja laptop.

7. Perbesar Kapasitas RAM

Memperbesar kapasitas RAM akan sangat berdampak pada kecepatan kerja laptop. Setelah mengganti RAM laptop, pengguna pasti akan merasakan perbedaan yang sangat signifikan.

8. Gunakan SSD

Menggunakan Solid State Drives atau SSD adalah cara terefektif untuk mempercepat kinerja si laptop. Meski harga yang ditawarkan untuk SSD bisa sangat tinggi, namun menyajikan kecepatan dan kinerja luar biasa.

9. Nonaktifkan Program Latar Belakang yang Tak Penting

Task Manager bisa dimanfaatkan untuk mematikan sejumlah program latar belakang yang sedang berjalan. Program yang aktif, biasanya memakan kapasitas RAM, jadi matikan program yang tidak penting.

10. Scan Laptop

Keberadaan virus atau malware dapat mengakibatkan lemotnya kinerja laptop, demi mencegahnya pengguna harus melakukan scan secara rutin.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER