Industri Otomotif Indonesia Bangkit; Penjualan Domestik Naik 68% pada Januari - Oktober 2021

Industri Otomotif Indonesia Bangkit; Penjualan Domestik Naik 68% pada Januari - Oktober 2021

Industri Otomotif Indonesia Bangkit; Penjualan Domestik Naik 68% pada Januari - Oktober 2021

Surabaya, Kabarindo- Industri otomotif Indonesia mulai bangkit meski masih dalam masa pandemi Covid-19. Selama periode Januari-Oktober 2021, tercatat kenaikan penjualan domestik hingga 68%, dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

Hal itu diungkapkan Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO, dalam pembukaan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Kabupaten Tangerang pada Kamis (11/11/2021).

“Ini merupakan pencapaian industri otomotif Indonesia meskipun masih dalam masa pandemi,” ujarnya.

Nangoi menambahkan, Indonesia sudah swa-sembada kendaraan bermotor dan kendaraan-kendaraan yang mendapatkan kebijakan PPnBM DTP adalah kendaraan yang diproduksi di Indonesia dengan local purchase lebih dari 60%.

Nangoi mengapresiasi dukungan pemerintah sehingga GIIAS dapat kembali terlaksana. GIIAS akan menjadi simbol semangat industri otomotif Indonesia dalam mengatasi pandemi. GIIAS merupakan tonggak positif bagi pertumbuhan industri otomotif Indonesia yang mencerminkan upaya GAIKINDO untuk terus mendorong kemajuan industri otomotif Indonesia.

“Sebagai lokomotif industri, pulihnya industri otomotif akan juga membangkitkan kegiatan industri pendukung yang menyerap banyak tenaga kerja, termasuk UMKM di sektor otomotif,” ujarnya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, yang membuka GIIAS 2021, mengatakan waktu penyelenggaraan GIIAS setelah absennya pada tahun lalu adalah sebuah hal yang baik. Ini karena kondisi pandemi yang semakin membaik, bahkan penanganan covid di Indonesia pada triwulan III adalah yang terbaik di ASEAN.

“Penyelenggaraan GIIAS akan mendorong pergerakan industri otomotif di Indonesia. Kita berharap, pameran ini bisa mendorong industri otomotif yang memiliki multiplyer efek yang tinggi,” ujarnya.

Rangkaian kegiatan GIIAS akan ditutup dengan penyelenggaraan GIIAS Surabaya di Grand City pada 8-12 Desember 2021. Event ini akan diikuti merek BMW, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Kia, Mitsubishi Motors, Toyota, Wuling serta dari industri pendukung Benelli dan Llumar. Juga akan menghadirkan berbagai produk kendaraan dan teknologi.

Penyelenggaraan GIIAS Surabaya selalu mencatatkan hasil positif bagi industri. Penyelenggaraannya pada tahun ini diharapkan kembali memberikan dampak positif bagi penjualan kendaraan bermotor di Indonesia timur.