Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Internasional > India: 12 Tewas dalam Kekisruhan di Kuil Agama

India: 12 Tewas dalam Kekisruhan di Kuil Agama

Internasional
Oleh : Hauri Yan

BAGIKAN :
India: 12 Tewas dalam Kekisruhan di Kuil Agama

KABARINDO, JAMMU-KASHMIR – Sedikitnya 12 orang tewas dan lebih dari selusin terluka hari Sabtu (1/1) dalam kekisruhan di sebuah kuil Hindu di Jammu dan Kashmir yang dikelola India.

“Dua belas peziarah meninggal dan 14 terluka dalam penyerbuan pada dini hari hari ini di kuil Mata Vaishno Devi," kata perwira polisi senior Mukesh Singh kepada kantor berita Reuters. Semua korban luka telah dibawa ke rumah sakit.

Perdana Menteri Narendra Modi menyatakan dukanya di Twitter, "Sangat sedih dengan hilangnya nyawa karena terinjak-injak di Mata Vaishno Devi Bhawan."

India: 12 Tewas dalam Kekisruhan di Kuil Agama(Foto: Kuil Vaishno Devi, Jammu & Kasmir, India)

Penyebab Kekisruhan

Investigasi masih berlangsung untuk mengetahui penyebab kekisruhan tersebut, tetapi kerumunan umat dalam jumlah besar memang datang memasuki kuil untuk menandai awal tahun baru.

"Sesuatu terjadi di dekat salah satu gerbang dan saya menemukan diri saya di bawah himpitan orang. Saya merasa sesak dan kemudian jatuh, tetapi entah bagaimana berhasil berdiri. Saya melihat orang-orang bergerak di atas tubuh-tubuh [yang jatuh]. Itu adalah pemandangan yang mengerikan, tetapi saya berhasil membantu menyelamatkan beberapa orang yang terluka," Mahesh, seorang pemuja yang hadir di lokasi, mengatakan kepada kantor berita AP.

India: 12 Tewas dalam Kekisruhan di Kuil Agama

Setiap tahun, ribuan orang mengunjungi kuil yang terletak di kota Katra dekat kota Jammu selatan. Peziarah sering berjalan kaki untuk mencapai puncak bukit tempat kuil berada.

Terinjak-injak adalah hal biasa di festival keagamaan di India, karena ribuan orang berkumpul di ruang terbatas dengan sedikit pengendalian massa.

Sebuah kekisruhan di negara bagian Madhya Pradesh menewaskan sekitar 115 orang pada tahun 2013, sedangkan desak-desakan lainnya di sebuah festival keagamaan menewaskan lebih dari 100 orang. ***(Sumber: AFP/AP/Reuters, DW; Foto: India Today, Pipanews)


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER