Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > Ilmuwan Temukan Embrio Dinosaurus dalam Kondisi Awet Sempurna

Ilmuwan Temukan Embrio Dinosaurus dalam Kondisi Awet Sempurna

Berita Utama | Rabu, 22 Desember 2021 | 16:41 WIB
Editor : Hauri Yan

BAGIKAN :
Ilmuwan Temukan Embrio Dinosaurus dalam Kondisi Awet Sempurna

KABARINDO, GANZHOU – Para ilmuwan telah mengumumkan penemuan embrio dinosaurus yang terawetkan dengan sempurna, yang terlihat sedang bersiap untuk menetas dari telurnya, seperti seekor ayam.

Telur embrio itu ditemukan di Ganzhou di Cina selatan dan para peneliti memperkirakan usianya setidaknya 66 juta tahun. 

Diyakini sebagai dinosaurus theropoda ompong, atau oviraptorosaur, embrio itu diberi nama Baby Yingliang.

Paleontolog University of Birmingham Dr Fion Waisum Ma menyebutnya, "embrio dinosaurus terbaik yang pernah ditemukan dalam sejarah".

Ilmuwan Temukan Embrio Dinosaurus dalam Kondisi Awet Sempurna

Penemuan ini juga memberi para peneliti pemahaman yang lebih besar tentang hubungan antara dinosaurus dan burung modern. Fosil menunjukkan embrio berada dalam posisi melengkung yang dikenal sebagai "menyelip" (tucking), yang merupakan perilaku yang terlihat pada burung sesaat sebelum mereka menetas.

"Ini menunjukkan bahwa perilaku seperti itu pada burung modern pertama kali berevolusi dan berasal dari nenek moyang dinosaurus mereka," kata Dr Ma kepada kantor berita AFP.

Oviraptorosaurus, yang berarti "kadal pencuri telur", adalah dinosaurus berbulu yang hidup di tempat yang sekarang disebut Asia dan Amerika Utara selama periode Kapur Akhir - antara 100 juta hingga 66 juta tahun yang lalu.

Ahli paleontologi Prof Steve Brusatte yang juga merupakan bagian dari tim peneliti, mentwit bahwa itu adalah "salah satu fosil dinosaurus paling menakjubkan" yang pernah dilihatnya, dan bahwa embrionya hampir menetas.

Ilmuwan Temukan Embrio Dinosaurus dalam Kondisi Awet Sempurna

(Foto: Rekonstruksi seniman atas bayi Oviraptorid -SmithsonianMag)

Sudah Lama Ditemukan

Bayi Yingliang berukuran panjang 10,6 inci (27cm) dari kepala hingga ekor, dan terletak di dalam telur sepanjang 6,7 inci yang tersimpan di Museum Sejarah Alam Batu Yingliang di Cina sejak pertama kali ditemukan pada tahun 2000.

Ketika pekerjaan konstruksi di museum itu belum lama ini dimulai, dan fosil-fosil tua sedang disortir, para peneliti mengalihkan perhatian mereka ke fosil telur ini, yang mereka duga mengandung embrio di dalamnya.

Pecahan di cangkangnya menunjukkan tulang-tulang kecil di dalamnya, dan saat para ahli mengikis kulit terluarnya, mereka menemukan salah satu embrio dinosaurus terawetkan terbaik yang pernah ada.

Bagian tubuh dinosaurus masih tertutup batu dan peneliti akan menggunakan teknik pemindaian canggih untuk membuat gambar kerangka lengkapnya. (Sumber & Foto: BBC, SmithsonianMag)


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER