Hyundai Rilis Mobil Listrik; Kona EV & Ioniq

Hyundai Rilis Mobil Listrik; Kona EV & Ioniq

Hyundai Rilis Mobil Listrik; Kona EV & Ioniq

Bebas dari polusi suara dan zero emisi

Surabaya, Kabarindo- PT Hyundai Motors Indonesia meluncurkan mobil listrik Kona EV dan Ioniq yang diperkenalkan secara virtual.pada Jumat (6/11/2020).

Area Manager PT Sun Mega Motor Hyundai Surabaya, Welly Setiawan, menyebutkan Kona EV dibandrol OTR Rp.695.800.000. Sedangkan Ioniq memiliki 2 tipe, Ioniq Prime yang dibandrol OTR Rp.644.300.000 dan Ioniq Signature seharga Rp.684.400.000.

Ia menjelaskan, Ioniq dan Kona EV merupakan mobil yang ramah lingkungan, karena zero emisi dan bebas dari polusi suara serta hemat biaya dibandingkan jika menggunakan BBM. Ioniq mampu menempuh 311 km dengan biaya Rp.57 ribu untuk sekali pengisian listrik hingga mencapai 100%. Sedangkan Kona mampu menempuh 296 km untuk sekali pengisian listrik.

“Kona EV dan Ioniq diharapkan dapat membantu pemerintah mengurangi polusi. Pemerintah kan juga sudah mengampanyekan untuk menggunakan kendaraan ramah lingkungan berbasis listrik,” ujarnya.

Welly mengatakan, pemerintah melalui PT PLN telah membuat Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk kendaraan listrik. Di Surabaya ada 2 SPKLU. Hyundai juga menggratiskan pengisian listrik di bengkel-bengkelnya bagi pemilik Kona Ev dan Ionic.

Ada 3 proses pengisian listrik yaitu slow charging, medium charging dan fast charging. Slow charging membutuhkan 17,5 jam menggunakan portable bawaan, medium charging membutuhkan 5,5 jam. Sedangkan fast charging hanya 55 menit, namun hanya bisa dilakukan di SPKLU.

Welly menambahkan, mobil listrik lebih nyaman dikendarai dan memberikan sensasi berbeda. Ioniq memiliki sensasi drive lebih ke sedan, sementara Kona memiliki sensasi drive lebih ke SUV.

Ia melihat, mobil listrik mulai menarik minat masyarakat. Namun ia tidak mematok target penjualan Ioniq dan Kona di Surabaya, karena mobil listrik masih relatif baru.

Welly mengatakan, konsumen yang ingin memiliki Ioniq atau Kona bisa memperolehnya di dealer-dealer Hyundai. Saat ini tersedia 10 unit di dealer-dealer di Surabaya untuk test car dan display.

“Sejauh ini respon masyarakat positif terhadap kehadiran mobil listrik. Segmen marketnya adalah mereka yang aware terhadap lingkungan, karena mobil listrik bisa dibilang merupakan investasi untuk kebaikan masa depan bersama,” ujarnya.

Penulis: Natalia Trijaji