House of Sampoerna Tampilkan Furoshiki; Seni Membungkus ala Jepang

House of Sampoerna Tampilkan Furoshiki; Seni Membungkus ala Jepang

House of Sampoerna Tampilkan Furoshiki; Seni Membungkus ala Jepang

Menghadirkan Junko Tsutsumi, pengajar budaya tradisional Jepang

Surabaya, Kabarindo- Galeri Pavilun House of Sampoerna (HoS) terus giat dalam mendukung berbagai aktivitas seni dan budaya. Pada Sabtu, 24 Juli 2021, HoS mengadakan workshop daring Furoshiki: Seni Membungkus ala Jepang.

Kegiatan ini adalah kerja sama Galeri Paviliun HoS dengan The Japan Foundation, Jakarta, yang merupakan salah satu rangkaian program dalam Japan Cultural Week 2021 dengan tema besar Food and Music.

Workshop tersebut menghadirkan Junko Tsutsumi, pengajar aktif budaya tradisional Jepang khususnya Furoshiki. Ia telah mempraktekkan kepiawaiannya di berbagai acara di Japan Foundation Polandia, Georgia dan Israel serta Olimpiade Tokyo 2020.

Pada workshop tersebut, Junko Tsutsumi mengajarkan tentang dasar-dasar teknik Furoshiki yang merupakan bagian dari tradisi di Jepang. Peserta diajak untuk mencoba dengan berbagai objek seperti kotak makanan maupun botol atau tumbler yang dapat dibungkus dalam bentuk cantik menggunakan bahan dua lembar kain berbentuk persegi seperti scarf atau taplak meja. Bungkusan ini dan isinya bisa dijadikan hantaran seperti di Indonesia atau bingkisan untuk orang terkasih.

Penulis:Natalia Trijaji