Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hukum & Politik > Hasil Survei SMRC Soal Pilpres 2024 di Jawa Barat, Ridwan Kamil Bersaing Alot dengan 3 Tokoh

Hasil Survei SMRC Soal Pilpres 2024 di Jawa Barat, Ridwan Kamil Bersaing Alot dengan 3 Tokoh

Hukum & Politik | Selasa, 15 Februari 2022 | 23:57 WIB
Editor : amritawa

BAGIKAN :
Hasil Survei SMRC Soal Pilpres 2024 di Jawa Barat, Ridwan Kamil Bersaing Alot dengan 3 Tokoh

KABARINDO, JAKARTA - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terkait pendapat masyarakat Jawa Barat soal kandidat yang bakal maju Pilpres 2024 mendatang.

Survei dilakukan dengan mewawancarai 801 reponden pada 5-8 Februari 2022 menggunakan asumsi simple random sampling dengan margin of error kurang lebih 3,5 persen dan punya tingkat kepercayaan sampai 95 persen.

Target populasi survei SMRC kali ini adalah warga Jawa Barat yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah, sesuai dengan kriteria pemilih dalam pemilu.

Mereka diminta untuk menjawab secara spontan pertanyaan 'Bagaimana dukungan warga Jawa Barat terhadap calon-calon presiden bila Pilpres diadakan sekarang ini'.

Pada Selasa (15/2/2022), Saidiman Ahmad selaku Manajer Program SMRC pun merilis hasil survei lembaganya. Hasilnya, Ridwan Kamil masih berada di top of mind mayoritas masyarakat Jawa Barat soal capres.

Akan tetapi, elektabilitas Ridwan Kamil mendapat persaingan ketat dari tiga nama lain yang digadang-gadang maju Pilpres 2024, yakni Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo.

Dalam simulasi yang hanya melibatkan empat nama di atas, Ridwan Kamil mendapat 22,2 persen, Prabowo Subianto 21,9 persen, Anies Baswedan 19,3 persen, dan Ganjar Pranowo 17,8 persen. 

Hasil Survei SMRC Soal Pilpres 2024 di Jawa Barat, Ridwan Kamil Bersaing Alot dengan 3 Tokoh

Tingginya suara yang didapat Ganjar Pranowo mendapat sorotan SMRC karena elektabilitas Gubernur Jawa Tengah itu juga melejit dalam simulasi survei yang terbuka.

Dalam simulasi terbuka, Ridwan Kamil mendapat 13 persen, Anies Baswedan 12,2 persen, Prabowo Subianto 12 persen, Ganjar Pranowo 10 persen, sedangkan nama-nama yang lain di bawah tiga persen,

Situasi pun masih sangat mungkin berubah menuju Pilpres 2024 karena masih ada 43 persen responden dalam survei SMRC ini yang menjawab 'tidak tahu' atau tidak menjawab.

Sumber Berita: Antara
Foto: Antara


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER