Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Ekonomi & Bisnis > Hari Ini, Presiden Jokowi Resmikan Terminal Tipe A Pakupatan Serang dan Tol Pamulang-Cinere Raya

Hari Ini, Presiden Jokowi Resmikan Terminal Tipe A Pakupatan Serang dan Tol Pamulang-Cinere Raya

Ekonomi & Bisnis | Senin, 8 Januari 2024 | 06:02 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Hari Ini, Presiden Jokowi Resmikan Terminal Tipe A Pakupatan Serang dan Tol Pamulang-Cinere Raya

KABARINDO, JAKARTA - Akan ada penutupan sementara, Terminal Tipe A Pakupatan, Serang, Banten dan Tol Pamulang-Cinere Raya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin 8 Januari 2024.

"Setelah beroperasi melayani arus mudik dan balik pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 mulai 22 Desember 2023, Presiden Joko Widodo akan meresmikan Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor pada Senin, 8 Januari 2024," ungkap Direktur Utama PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) Mirza Nurul Handayani, dikutip dari Antara, di Jakarta, ditulis Senin (8/1/2024).

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Terminal Pakupatan mengusung konsep mixed use, sebuah konsep terminal modern multifungsi dengan tiga fungsi utama, yaitu fungsi tempat naik turun penumpang bus, fungsi penggerak perekonomian daerah dan fungsi pusat kegiatan sosial, seni dan budaya.

Terminal dengan luas 30.569 meter persegi ini, melayani 359 bus yang beroperasi setiap harinya. Dengan rincian 265 bus melayani trayek Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan 94 bus melayani trayek Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

Dengan jumlah rata-rata penumpang yang dilayani sekitar tiga ribu lebih penumpang per hari, terminal ini melayani 84 trayek bus AKAP dan 23 trayek AKDP

Dalam tinjauan yang dilakukan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Terminal Tipe A Pakupatan telah dilakukan pengecekan terhadap fasilitas gedung, area kedatangan penumpang, area bus, dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di kawasan terminal.

Badi mengatakan, terminal ini sudah ada sejak tahun 1995 yang berfungsi melayani angkutan massal dalam kota, antar kota dalam provinsi (AKDP) dan antar kota antar provinsi (AKAP).

“Mulai tahun 2022 kami lakukan revitalisasi dengan fungsi dan fasilitas yang lebih lengkap. Sehingga masyarakat semakin nyaman untuk datang ke terminal,” ujar Budi ditulis Senin (8/1/2024).

Menurut Budi, revitalisasi Terminal Tipe A menjadi salah satu program prioritas pemerintah sejak adanya pelimpahan kewenangan pengelolaan Terminal Tipe A dari pemerintah daerah ke pemerintah pusat,

Adapun untuk Tol Pamulang-Cinere Raya, diketahui, rangkaian ruas jalan tol tersebut dioperasikan oleh dua Badan Usaha Jalan Tol, yaitu PT CSJ, anak usaha dari Jasa Marga, yang mengoperasikan Jalan Tol Serpong-Cinere dan PT Trans Lingkar Kita Jaya (TLKJ), yang mengoperasikan Jalan Tol Cinere-Jagorawi.

"Selama persiapan peresmian kedua jalan tol tersebut, PT CSJ dan PT TLKJ mendukung rekayasa lalu lintas sesuai diskresi Kepolisian, penutupan sebagian dan penutupan sementara Gerbang Tol (GT) Limo di Jalan Tol Cinere-Jagorawi," ungkap Mirza.

Telah dilakukan penutupan sementara GT Limo Utama Ruas Tol Cinere-Jagorawi pada Sabtu 6 Januari pukul 18.30 WIB sampai dengan Minggu 7 Januari pukul 24.00 WIB.

"Pengguna jalan dari arah Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Serpong dan sekitarnya yang ingin menuju Jalan Tol Jagorawi/Jalan Tol Cijago akan diarahkan memutar di GT Limo 1," jelas Mirza

Sementara itu, untuk pengguna dari arah Jalan Tol Jagorawi/Jalan Tol Cijago yang akan menuju Bandara/Soekarno Hatta Tangerang, Serpong dan sekitarnya akan diarahkan untuk memutar balik pada GT Limo 2.

Kemudian pada Senin (8/1), mulai pukul 00.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB, GT Limo Utama, GT Limo 1, GT Limo 2, dan akses area Jalan Tol Cinere-Serpong Seksi 2 Pamulang-Cinere akan dilakukan penutupan sementara.

"Selama penutupan sementara ini, pengguna jalan dari arah Cinere menuju Jalan Tol Cijago/Jalan Tol Jagorawi akan dialihkan keluar melalui GT Pamulang," kata Mirza

Sedangkan untuk pengguna jalan dari arah Jalan Tol Cijago/Jalan Tol Jagorawi yang akan menuju arah Cinere dialihkan keluar melalui GT Krukut 4 (arah Sawangan) dan GT Krukut 5 (arah Jakarta/Antasari).


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER