Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hukum & Politik > Haji Isam, Sosok Pengusaha Muda Kalsel yang Selalu Menebar Kebaikan

Haji Isam, Sosok Pengusaha Muda Kalsel yang Selalu Menebar Kebaikan

Hukum & Politik | Minggu, 1 Januari 2023 | 20:29 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Haji Isam,  Sosok Pengusaha Muda Kalsel yang Selalu Menebar Kebaikan

KABARINDO,  BATULICIN – Tepat 1 Januari 2023, Haji Isam berulang tahun ke-46. Seorang pengusaha asal Kalimantan Selatan (Kalsel) yang terkenal akan kedermawanannya. Pria bernama lengkap Andi Syamsudin Arsyad ini, seolah membuktikan, jika kekayaan datang dari kemurahan hati atau kedermawanan seseorang.

Pengusaha asal Batulicin berjulukan ‘Crazy rich’ Kalsel ini merupakan Muslim kelahiran 1977 yang sukses dalam bisnis batubara. Selain dikenal lihai dalam berbisnis, Haji Isam juga dikenal sebagai pengusaha yang berani melawan ketidakadilan yang lama bercokol di tengah persaingan usaha di Indonesia.

Tidak tanggung-tanggung, nama-nama taipan besar seperti Tommy Winata, Aguan, Franky Wijaya, hingga Anthony Salim pernah ia lawan.

Andi Syamsudin Arsyad muda memulai semua itu dari bawah, dari nol, bahkan sempat menjadi tukang ojek dan operator alat berat.

Beruntung ia bertemu Johan Maulana, pengusaha Tionghoa Surabaya yang memberinya kesempatan belajar cara mengelola tambang.

Haji Isam,  Sosok Pengusaha Muda Kalsel yang Selalu Menebar Kebaikan

Pada tahun 2001,  Haji Isam bekerja di perusahaan milik Johan dan menghabiskan waktu dua tahun di sana. Pengalaman itu mengubah perjalanan hidupnya.

 “Tahun 2003 Pak Johan meminjami saya modal untuk menyewa alat berat tambang,” Ceritanya suatu hari

 Berkat kesempatan berharga itu, Haji Isam mulai terjun ke bisnis tambang. Ia menjadi kontraktor pelaksana PT Arutmin Indonesia, bagian dari PT Bumi Resources Tbk milik keluarga Bakrie. Mulanya, Haji Isam berbisnis dengan bendera kecil CV Jhonlin Baratama, sebagai kontraktor belaka.

Ke mana-mana hanya memakai kaos oblong, celana jeans dan sepatu ‘sneakers’. Bahkan kadang-kadang bersandal saja.

Dibandingkan seleb-seleb yang pamer kekayaan di sosmed, Haji Isam jauh dari kesan itu, meskipun barangkali nilai kekayaannya ribuan kali lipat dibandingkan mereka.

 Menurut kesaksian para sahabatnya, Haji Isam adalah sosok ‘family man’ yang sangat menyayangi keluarga. Di sela-sela hobinya berburu dan ‘off road trekking’.

Ia kerap terlihat menghabiskan waktu bersama keluarga untuk berlibur atau melaksanakan ibadah. Tahun 2022 lalu, Haji Isam terlihat 4 kali melaksanakan ibadah umrah, menemani keluarga besarnya secara bergantian. 

Memang, sebagaimana lazimnya orang besar di manapun, cerita dari sosok Haji Isam juga memiliki kontroversinya sendiri.

Tidak semua orang selalu bisa melihat satu individu dari sisi baik untuk dipetik hikmah dan inspirasinya.Padahal, memang tak ada satu pun manusia di dunia yang sempurna.

Yang harus kita tahu, pribadi yang istimewa adalah dia yang tak pernah berhenti berjuang untuk kebaikan, tak pernah lelah memberi, tak segan berbagi dan menebar manfaat kepada sesamanya. Sebanyak yang ia bisa. Foto: Ist
 


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER