Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Berita Utama > Haji 2022 : Simak Kondisi Terkini Makkah Al Mukarromah yang Patut Diketahui Jamaah Haji Indonesia

Haji 2022 : Simak Kondisi Terkini Makkah Al Mukarromah yang Patut Diketahui Jamaah Haji Indonesia

Berita Utama
Oleh : Orie Buchori

BAGIKAN :
Haji 2022 : Simak Kondisi Terkini Makkah Al Mukarromah yang Patut Diketahui Jamaah Haji Indonesia

KABARINDO, MEKKAH - Kondisi terkini Kakbah di area Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi yang harus diketahui jamaah haji Indonesia.

Kompleks Masjidil Haram siap menyambut kedatangan jamaah haji Indonesia yang kini berada di Madinah. Menurut jadwal, jamaah haji Indonesia yang berada di Madinah akan didorong ke Makkah mulai 12 Juni 2022.

Nantinya, para jamaah haji Indonesia juga akan melakukan umrah kedatangan (tawaf qudum). Umrah kedatangan ini masuk ke dalam jenis haji tamattu.

Haji tamattu merupakan haji yang paling sering dilakukan jamaah haji asal Indonesia. Mereka yang memilih haji tamattu akan melakukan ibadah haji setelah melaksanakan umrah.

Haji tamattu disebut lebih mudah dilakukan jika dibandingkan dua jenis haji lainnya.

Alasannya, setelah selesai tawaf dan umrah, lalu tahallul, dan bebas dari larangan saat ihram.

Balik ke kondisi Kakbah, saat ini Kakbah mulai dipadati jamaah yang melakukan rangkaian umrah, mulai dari tawaf (berputar mengelilingi Kakbah sebanyak 7 kali), sai (lari kecil dari Safa ke Marwah 7 kali) hingga tahallul (mencukur rambut) dan tertib.

Pengamanan di sekeliling Kakbah masih terlihat ketat, termasuk di titik Hajar Aswad.

Sejumlah Askar atau tentara penjaga 24 jam penuh menjaga salah satu sudut Kakbah ini agar tidak tersentuh jamaah.

Tak hanya di titik Hajar Aswad, seluruh bagian Kakbah juga tak bisa dipegang para jamaah karena diberi pembatas yang mengelilingi Kakbah dan Askar yang siaga berjaga.

"Mencium atau menyentuh Hajar Aswad itu sunah, jadi jangan sampai dipaksakan," ujar Kepala Seksi Petugas dan Keamanan Jamaah Daker Bandara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Maskat pada 3 Juni 2022.

Sementara itu, saat melakukan proses Sai, jamaah haji Indonesia tidak perlu khawatir kehausan karena tersedia air zamzam di beberapa titik. Jamaah haji juga bisa membawa botol minum untuk mengisi air zamzam.

Jika jamaah kecapekan saat melakukan Sai, tersedia petugas yang siap mendorong menggunakan kursi roda.

Untuk cuaca di Makkah terbilang cukup panas antara 38-42 derajat celcius.

Para jamaah haji sebaiknya banyak minum air dan jaga kondisi kesehatan yang terus digaungkan pemerintah hingga petugas haji agar tidak kelelahan saat melakukan umrah maupun puncak pelaksanaan haji di Armuzna.

Di sisi lain, para jamaah haji Indonesia juga diminta tetap menjaga barang bawaan agar tidak kehilangan, mengingat akan banyak jamaah haji lainnya selain dari Indonesia.

Ya, itu berikut kondisi terkini di Kakbah. Jamaah haji Indonesia harus tetap menjaga kesehatan agar bisa fokus menjalankan ibadah dan menjadi haji yang mabrur.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER