Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Gaya hidup > Grand Dafam Punya Kuliner Spesial; Gunakan Edible Flower

Grand Dafam Punya Kuliner Spesial; Gunakan Edible Flower

Gaya hidup
Oleh : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Grand Dafam Punya Kuliner Spesial; Gunakan Edible Flower

Grand Dafam Punya Kuliner Spesial; Gunakan Edible Flower

Padukan dengan mocktail Berry Berry Love You untuk dinner Valentine

Surabaya, Kabarindo- Menggunakan bunga sebagai bahan makanan akhir-akhir ini sedang menjadi tren di dunia kuliner. Mulai dari bahan untuk menghias kue hingga mempercantik hidangan utama.

Hotel Grand Dafam Surabaya menyajikan bermacam menu istimewa pada bulan ini dengan menggunakan edible flower yang berwarna ungu, kuning, pink dan orange. Bunga ini bukan hanya mempercantik tampilan hidangan, namun juga bisa dimakan.

Menurut Chef de Cuisine Grand Dafam Surabaya, Michael Mudlofir, tidak semua bunga bisa dijadikan bahan makanan, namun hanya bunga tertentu yang ditanam secara organik. Misalnya edible flower. Bunga ini juga bermanfaat bagi kesehatan. Makalah Fresh Edible Flowers of Ornamental Plants : A New Source of Nutraceutical Foods yang dimuat di Journal of Food Science & Technology menyebutkan edible flower memiliki kandungan protein, flavonoid, zat besi, mineral, antioksidan dan vitamin A.

“Bunga ini berasal dari Eropa. Tapi sekarang kita tak perlu impor. Di daerah dingin seperti Bandung sudah ditanam. Kami memperolehnya dari sana,” ujarnya.

Chef Mudlofir menggunakan edible flower untuk paduan bermacam menu kreasinya yang akan disajikan saat Hari Valentine. Ia mengatakan, dirinya menyajikan menu-menu Western karena perayaan ini berasal dari budaya Barat. Tamu juga akan dimanjakan dengan alunan musik saxophone yang romantis dan tarian salsa.

Untuk hidangan pembuka adalah Poached Fillet Salmon Wrapped with Smoked Salmon and Dill Sauce yang berbahan dasar ikan salmon. Untuk hidangan utama, ada 3 pilihan yaitu Broiled Filled Mignon au Poivre served with Garlic Duchess Potatoes and Fine Bean, Supreme of Chicken Cordon Blue served with Green Mosaic Sauce dan Pan Seared Seabass served with Orange Moray Gilled Vegetebles and Boulangere Potatoes. Sedangkan untuk hidangan penutup, chef memilih sajian cake cantik Strawberry White Chocolate Mousse Cake served with Vanilla Ice Cream on Top Rasberry Sauce yang dominan warna merah, cocok dengan nuansa Valentine.

Semua hidangan tersebut dihias menggunakan edible flower yang mempercantik tampilan makanan, sepadan dengan cita rasa makanannya. Sedap dipandang, juga sedap disantap,” ujar Chef Mudlofir.

Menikmati sajian untuk merayakan Hari Valentine bersama pasangan kurang lengkap tanpa minuman spesial. Bartender Firdaus meracik Berry Berry Love You sebagai minuman pendamping. Menurut ia, mocktail ini dinamai demikian, karena Februari adalah bulan cinta. Nama itu juga merupakan plesetan dari very very love you dan kata Berry diambil dari salah satu bahan minuman ini yaitu jus cranberry.

Berry Berry Love You diracik dari black tea, sirup cocopandan homemade, sirup stroberi, jus cranberry, jus lemon, fresh lemon dan soda water. Semua bahan dikocok, kecuali soda water. Setelah itu, soda water dituangkan. Jadilah mocktail berwarna merah yang segar, manis dan ada sedikit rasa sitrus. Hmm...menggiurkan.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER