Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Ekonomi & Bisnis > Gojek Perkuat Fundamental Bisnis dan Dukungan; untuk Pertumbuhan UMKM

Gojek Perkuat Fundamental Bisnis dan Dukungan; untuk Pertumbuhan UMKM

Ekonomi & Bisnis | Sabtu, 14 November 2020 | 18:46 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Gojek Perkuat Fundamental Bisnis dan Dukungan; untuk Pertumbuhan UMKM

Gojek Perkuat Fundamental Bisnis dan Dukungan; untuk Pertumbuhan UMKM

Total GTV capai lebih dari R.170 triliun, total mitra UMKM sekitar 900 ribu

Surabaya, Kabarindo- Memasuki usia ke-10, Gojek, mengumumkan sejumlah pencapaian bisnis. Pada 2020, layanan-layanan utama Gojek berhasil mencetak laba operasional di luar biaya headquarter atau dikenal dengan istilah contribution margin positive.

Pencapaian ini antara lain didorong oleh investasi yang terfokus pada sejumlah area strategis seperti inovasi produk dan layanan, otomatisasi yang berhasil meningkatkan efisiensi dan kualitas performa aplikasi Gojek, antara lain meliputi GoBiz self-serve onboarding dan CareTech ticket automation, serta investasi di SDM bidang teknologi.

Fundamental perusahaan pada 2020 semakin kuat didukung oleh total nilai transaksi di dalam platform Gojek group (gross transaction value - GTV) yang mencapai 12 miliar dolar AS (sekitar Rp.170 triliun) atau meningkat 10% dibandingkan tahun lalu. Pencapaian ini didorong oleh transaksi dari pengguna aktif bulanan (monthly active users) Gojek yang mencapai 38 juta pengguna di seluruh Asia Tenggara. Sementara itu, GTV dari layanan pembayaran digital, GoPay, telah melampaui total GTV pada masa pra-pandemi. Hal ini seiring dengan semakin banyaknya konsumen dan merchant yang beralih ke layanan digital dan bertransaksi secara online.

Salah satu pendorong utama pertumbuhan Gojek adalah ekosistem merchant, yang jumlahnya terus bertumbuh hingga 80% menjadi 900 ribu merchant dari 500 ribu pada tahun lalu. Peningkatan signifikan ini terutama didorong oleh digitalisasi merchant UMKM pada masa pandemi.

Gojek hadir dengan layanan dan solusi komprehensif untuk pengusaha UMKM dengan berbagai skala bisnis, termasuk mereka yang baru pertama kali go-digital. Hal ini penting untuk mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara, agar mereka bisa mempertahankan kestabilan usaha terlebih di masa pandemi yang telah mengubah kebiasaan hidup masyarakat untuk lebih banyak beraktivitas online. Komitmen dalam mendukung digitalisasi UMKM untuk #MelajubersamaGojek antara lain ditandai dengan dihadirkannya layanan one-stop-solution yang dapat digunakan oleh para pelaku UMKM untuk memudahkan layanan dan transaksi mereka secara digital.

Gojek juga melakukan berbagai inisiatif, termasuk bekerja sama dengan pihak ketiga untuk memperluas akses bagi pelaku UMKM menawarkan layanan yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan konsumen. Sebagai contoh, layanan belanja sehari-hari, GoMart dan GoShop, yang makin dikembangkan padaa awal 2020 untuk merespon kebutuhan masyarakat di masa pandemi, mengalami peningkatan GTV sebesar 500% sejak awal pandemi, dan telah membuka peluang bagi lebih banyak UMKM untuk mulai berjualan online.

Andre Soelistyo, Co-CEO Gojek, mengatakan Gojek memasuki usia ke-10 ketika terjadi krisis pandemi. Ia melihat ekosistem Gojek terus berperan penting dalam mempertemukan supply dan demand, memenuhi kebutuhan masyarakat. Ia berharap, Gojek terus menjadi andalan masyarakat agar tetap produktif dan mampu memperkuat fundamental perusahaan.

“Kami akan terus memperkokoh komitmen dalam mendukung pertumbuhan UMKM dengan memberikan berbagai solusi komprehensif termasuk melalui layanan pembayaran dan finansial yang akan membantu usaha mereka untuk bertahan dan berkembang serta menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi digital di Asia Tenggara, ujarnya.

Kevin Aluwi, Co-CEO Gojek, menambahkan dengan komitmen untuk terus memberikan peluang terhadap kehidupan yang lebih baik melalui teknologi, serta fokus kepada efisiensi bisnis, Gojek akan terus menciptakan dampak positif bagi ekosistem serta berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia dan Asia Tenggara pada tahun-tahun mendatang.

“Tahun 2020 adalah tahun di mana kami belajar banyak hal, sekaligus mencapai banyak hal yang membawa perusahaan jauh lebih kuat secara fundamental. Kami optimis, 2021 akan menjadi tahun yang lebih baik bagi Gojek dan mitra-mitra kami, ujarnya.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER