Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > Gempar! Warga Digegerkan Penemuan Arca Candi di Jalur Selatan Probolinggo

Gempar! Warga Digegerkan Penemuan Arca Candi di Jalur Selatan Probolinggo

Berita Utama | Jumat, 13 Oktober 2023 | 05:40 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Gempar! Warga Digegerkan Penemuan Arca Candi di Jalur Selatan Probolinggo

KABARINDO, PROBOLINGGO - Warga Probolinggo digegerkan penemuan arca berbentuk sebuah candi di Jalur Selatan Probolinggo, Jawa Timur.

Penemuan benda tersebut didalam tanah saat alat berat menggalinya untuk perbaikan jalan. Temuan tersebut viral di media sosial dan masih belum ada dinas terkait yang datang untuk melakukan penelitian terkait temuan warga ini.

Benda ini memiliki tinggi sekitar satu meter dan lebar 50 centimeter ini ditemukan olah operator alat berat saat menggali tanah dalam rangka perbaikan jalan nasional jalur Selatan Probolinggo. Selanjutnya temuan tersebut tersebar luas di warga dan viral di media sosial.

“Benda tersebut berbentuk seperti candi ada tangga masuk dan bentuknya bersusun mengerucut dan di atasnya ada lubang seperti tempat sesaji,” ujar warga sekitar, Ervan di lokasi, Rabu (11/10/2023).

Belum diketahui pasti asal benda tersebut yang jelas benda tersebut terkubur didalam tanah di kedalaman sekitar 5 meter. Diperkirakan candi tersebut telah ada sejak ribuan tahun silam.

Warga menduga benda tersebut adalah peninggalan leluhurnya dan karena dimakan usia dan tidak terawat akhirnya terkubur didalam tanah,” pungkasnya.

Selanjutnya warga membersihkan arca tersebut dan kemudian rencana akan dirawatnya dan ditepatkan di pintu masuk Desa Celarak, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo.

Hingga kini petugas terkait dari pemerintah setempat belum datang ke lokasi dan dalam waktu yang secepatnya akan mendatangkan tim untuk memastikan benda tersebut


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER