Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > Gempa Larantuka Terasa Sampai Makassar, Pemerintah Meminta Masyarakat Tetap Tenang

Gempa Larantuka Terasa Sampai Makassar, Pemerintah Meminta Masyarakat Tetap Tenang

Berita Utama | Selasa, 14 Desember 2021 | 19:03 WIB
Editor : amritawa

BAGIKAN :
Gempa Larantuka Terasa Sampai Makassar, Pemerintah Meminta Masyarakat Tetap Tenang

KABARINDO, MAKASSAR - Daerah Larantuka, Nusa Tenggara Timur diguncang gempa bumi dengan magnitudo 7,4 pada Selasa (14/12/2021) siang waktu setempat.

Gempa bumi itu tergolong cukup besar bahkan sampai terasa di beberapa wilayah beda provinsi, termasuk kota Makassar yang terletak di Sulawesi Selatan. 

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, pun meminta masyarakat di wilayahnya untuk tetap tenang dalam menyikapi kejadian ini

"Saya juga merasakan getarannya dan hampir semua orang merasakan itu. Meski jaraknya jauh dari sumber gempa, masyarakat diimbau tetap tenang," katanya.

Meski begitu, Mohammad Ramdhan Pomanto meminta masyarakat Makassar juga tetap waspada mengantisipasi potensi gempa susulan yang mungkin saja terjadi di wilayah mereka.

Pasalnya, gempa bumi Larantuka terjadi karena adanya aktivitas sesar atau patahan aktif di Laut Flores yang terletak di sebelah tenggara Makassar.

Masyarakat pun diminta bersiap menjalani skenario evakuasi secara mandiri, seperti mencari tempat yang lebih aman, menghindari gedung tinggi atau potensi reruntuhan bangunan, serta segera keluar dari rumah untuk menyelamatkan diri jika gempa terjadi.

Gempa Larantuka Terasa Sampai Makassar, Pemerintah Meminta Masyarakat Tetap Tenang

Sementara untuk yang tinggal di wilayah pesisir, Mohammad Ramdhan Pomanto berpesan agar masyarakat aktif melapor perkembangan situasi jika ada indikasi terjadi tsunami.

Jika melihat keanehan, seperti air surut tiba-tiba atau air laut naik lebih tinggi dari biasanya, ia mengimbau masyarakat untuk segera menjauh dari area pantai.

"Bila terjadi kondisi kerusakan, segera dilaporkan atau menghubungi panggilan 112 apabila menemukan keanehan air laut naik dari biasanya," kata pria disapa akrab Danny Pomanto tersebut.

Sumber Berita: Antara
Foto: Antara


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER