TWSLive : Bocoran RTP Live Slot Gacor Tertinggi Hari Ini
Beranda > Hiburan > Gelar Anugerah Penyiaran Anak 2021

Gelar Anugerah Penyiaran Anak 2021

Hiburan
Oleh : Hauri Yan

BAGIKAN :
Gelar Anugerah Penyiaran Anak 2021

KABARINDO, JAKARTA – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) bekerja sama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) menggelar penganugerahan untuk program siaran di televisi dan radio yang ramah terhadap anak. Anugerah yang rutin dilakukan setiap tahun ini diharapkan dapat mendorong peningkatan kuantitas dan kualitas program siaran anak di lembaga penyiaran.

PIC kegiatan Anugerah Penyiaran Ramah Anak (APRA) sekaligus Komisioner KPI Pusat, Mimah Susanti mengatakan, porsi siaran yang ramah terhadap anak di TV dan radio masih sedikit. Karenanya, upaya mendorong pembuatan konten siaran yang ramah anak sangat penting.

“Kami berharap secara keseluruhan program-program TV di Indonesia bisa ramah anak. Jika kita lihat dari tahun ke tahun, program yang dikhususkan untuk anak masih sangat sedikit. Hanya beberapa TV yang konsern menyajikan program untuk anak-anak,” kata Mimah, di Auditorium RRI Jakarta, Sabtu (27/11/2021).

Mimah menjelaskan, konten yang mendominasi di lembaga penyiaran (radio dan TV) masih banyak yang tidak sejalan dengan pemenuhan kebutuhan dan perkembangan psikologis anak. Karenanya, keberadaan konten-konten yang ramah terhadap anak sangat diperlukan.

“Prinsipnya, prioritas kita juga untuk mengembangkan industri kreatif TV dan radio sehingga bisa terdorong terus setiap tahunnya memproduksi program khusus anak. Jangan sampai anak-anak tidak tertarik pada konten TV dan radio kita. Jika perlu TV dan radio untuk konten anaknya bisa jadi rujukan bagi media lain,” kata Mimah.   

Dalam APRA 2021, KPI mengusung tema “Anak Indonesia Inspirasi Kita” dengan harapan dapat menyemangati pengelola televisi dan radio untuk terus menghadirkan program-program siaran yang menunjukkan kepedulian atas pemenuhan hak-hak anak dalam bermedia.

Sebanyak tujuh kategori program siaran dilombakan dalam anugerah ini. Kategori tersebut antara lain program film animasi anak Indonesia, program film animasi anak asing, program dokumenter, program feature, program variety show, program pendidikan anak Indonesia, dan program anak radio.

Pada APRA tahun ini, KPI menerima 57 program siaran dari televisi yang kemudian diseleksi hingga 37 program siaran untuk menjadi nominasi dan tersebar pada 6 kategori. Adapun untuk program radio, KPI menerima 72 materi siaran dari berbagai radio di seluruh daerah. Bahkan, ada pula radio yang mengirim lebih dari satu program anak untuk ikut dinilai dalam APRA tahun ini. Selain kategori yang sudah disampaikan di atas, APRA 2021 juga akan memberikan penghargaan Televisi Terbaik Program Anak 2021, Televisi Rampriah Anak 2021, Televisi Peduli Pendidikan Anak 2021 dan Radio Peduli Anak 2021.


RELATED POSTS


Home Icon